Cara Mengatasi Diare Yang Harus Di Perhatikan Agar Tidak Fatal

Diare terjadi kala Anda membuang air besar (BAB) bersama tekstur tinja yang encer, sampai lebih berasal dari 3 kali sehari. Diare sanggup menyebabkan sejumlah gejala mengganggu, seperti mulas, kembung dan menghendaki BAB terus menerus. Oleh karena itu, mutlak bagi Anda untuk paham langkah mengatasi diare sesegera mungkin.

Cara Mengatasi Diare Yang Harus Di Perhatikan Agar Tidak Fatal

Diare umumnya terjadi akibat mengonsumsi makanan yang udah terkontaminasi oleh kuman, kotoran, maupun racun.Bandar Bola Meski begitu, diare termasuk sanggup terjadi akibat hal lain, andaikan terlalu banyak minum minuman beralkohol, efek samping obat, atau penyakit tertentu.

Berbagai Cara Mengatasi Diare

Sebagian besar diare sebenarnya sanggup sembuh bersama sendirinya dalam beberapa hari, tetapi tetap tidak boleh dianggap enteng. Selain menyebabkan gejala yang terlalu tidak nyaman, diare termasuk sanggup memicu dehidrasi.

Untuk meringankan gejala sekaligus mempercepat proses penyembuhan diare, beberapa langkah sederhana tersebut ini sanggup Anda lakukan:

1. Menambah asupan cairan

Tubuh kehilangan banyak cairan dan mineral sepanjang diare yang sanggup memicu dehidrasi. Saat diare, Anda disarankan untuk memenuhi kebutuhan cairan bersama minum 2-3 liter air putih (sekitar 8-12 gelas ukuran sedang) per hari. Selain air putih, asupan cairan termasuk sanggup didapatkan berasal dari makanan dan minuman lain, seperti sup, kuah kaldu, dan jus buah.

Sedangkan untuk mengembalikan garam dan mineral yang hilang akibat diare, Anda sanggup mengonsumsi minuman bersama persentase elektrolit, seperti oralit atau minuman berenergi (sport drink). Konsumsilah minuman ini sedikit demi sedikit andaikan diare turut disertai mual.

2. Mengonsumsi makanan yang tepat

Selama diare, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan rendah serat yang minim proses olahan dan tanpa banyak bumbu. Contohnya adalah nasi, kentang, roti, biskuit, pisang, dan juga sup.

Selain itu, Anda termasuk disarankan mengonsumsi makanan bersama persentase probiotik, seperti yoghurt, yang baik bagi kesegaran usus. Pilihlah yoghurt yang tidak punya kandungan perasa, karena beberapa perasa buatan, seperti sorbitol, justru sanggup memperparah diare.

3. Menyesuaikan pola makan

Terlalu banyak makan dalam satu kala sanggup memaksa otot saluran cerna untuk bekerja lebih aktif, agar memperparah diare. Maka berasal dari itu, Anda disarankan untuk makan dalam porsi kecil tetapi lebih sering.

Bagilah 3 porsi makanan utama dalam sehari jadi porsi-porsi yang lebih kecil untuk 5-6 kali makan. Cara ini sanggup meringankan beban kerja usus sepanjang diare.

4. Menghindari sajian makanan yang sanggup memperparah diare

Selama diare, hindarilah makanan yang sanggup mimicu atau memperberat diare. Contohnya adalah makanan yang digoreng (berminyak), berlemak, pedas, atau tidak matang seluruhnya. Selain itu, beberapa model buah dan sayuran yang memicu gas, seperti brokoli, jagung, dan kol, termasuk sanggup memperparah diare.

Anda termasuk disarankan untuk hindari minuman berkafein (kopi, teh, soda), beralkohol, dan tinggi persentase gula. Minuman ini sanggup memicu memproduksi urine, agar memicu Anda lebih enteng dehidrasi. Pada orang bersama intoleransi laktosa, mengonsumsi susu termasuk sebaiknya dibatasi karena dapat memperparah diare.

Anda sanggup mengatasi diare di tempat tinggal bersama langkah-langkah sederhana yang udah dijelaskan di atas. Dan ingat, sebaiknya hindari penggunaan obat antidiare kecuali andaikan disarankan oleh dokter.

Jika diare tidak kunjung membaik dalam 48 jam, disertai bersama demam tinggi, atau BAB berdarah, sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter untuk meraih penanganan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *