Cara Mengatasi Penyakit Batu Empedu Yang Alami Di Rumah

Setiap kali mendengar “kolesterol”, yang terngiang di telinga umumnya adalah suasana penyebab penyakit jantung atau stroke. Padahal batu empedu juga dapat jadi komplikasi yang keluar akibat kolesterol tinggi. Batu empedu terbentuk akibat akumulasi lemak di kantung empedu yang pada akhirnya menggumpal dan mengeras jadi batu kecil. Perawatan atau penyembuhan batu empedu umumnya kudu melalui operasi. Namun, tersedia juga pilihan obat batu empedu yang alami dan tidak melalui operasi. Apa saja?

Cara Mengatasi Penyakit Batu Empedu Yang Alami Di Rumah

Pilihan penyembuhan batu empedu tanpa melalui operasi
Semakin banyak jumlah dan semakin besar ukuran batu, semakin berisiko menyumbat kantong dan/atau saluran empedu. Jika telah begini, Anda bakal merasakan nyeri yang hebat di perut bagian kanan atas, terutama kalau perut ditekan atau ditepuk.

Batu empedu yang dibiarkan terus bakal mengakibatkan taruhan bola kolesistitis akut, yakni infeksi dan peradanggan kantung empedu akibat tersumbat oleh batu.

Nah untuk mengurangi tanda-tanda sekaligus mencegah batu semakin jadi tambah besar, tersedia sebagian penyembuhan medis yang dapat Anda coba. Tenang, beragam langkah di bawah ini tidak sampai mengharuskan Anda berbaring di atas meja operasi.

1. Obat asam empedu
Dalam sebagian kasus, batu empedu dapat diobati bersama obat seperti ursodiol atau chenodiol. Dua type obat ini telah terbukti dapat melarutkan batu empedu yang kecil. Obat asam empedu ini tersedia di dalam wujud pil yang diminum.

Obat asam empedu bekerja membuang batu supaya lama-lama pecah dan larut. Pil ini dapat ditoleransi bersama baik oleh umumnya pasien batu empedu. Sebelum dokter menentukan penyembuhan lanjutannya, ia bakal memberi saran Anda untuk menunggu dan amati pergantian tanda-tanda batu empedu.

2. Terapi Extracorporeal Shock Wave Lithotrips (ESWL)
Terapi Extracorporeal Shock Wave Lithotrips (ESWL) adalah metode penyembuhan batu empedu tanpa operasi kalau jumlah batunya sedikit dan masih berukuran kecil (diameter kurang berasal dari 2 sentimeter).

ESWL dilaksanakan bersama menghantarkan gelombang kejut melalui jaringan lunak tubuh untuk memecah dan menghancurkan batu empedu.

3. Suntik
Pengobatan batu empedu ini dilaksanakan bersama menyuntik cairan metil tersier-butil eter (MTBE) ke kantong empedu untuk melarutkan batu empedu.

Penelitian telah membuktikan bahwa MTBE cepat melarutkan batu empedu. Namun, tersedia sebagian dampak samping yang serius, seperti rasa terbakar parah. Itu sebabnya sebelum saat disuntik Anda kudu bertanya segala dampak samping yang kemungkinan muncul.

4. Endoscopic retrograde cholangio-pancreatography (ERCP)
Penyumbatan batu pada saluran empedu dapat ditangani bersama prosedur endoscopic retrograde cholangio pancreatography (ERCP).

Prosedur ini mempunyai tujuan untuk menyingkirkan batu empedu tanpa mengangkat kantong empedu bagi orang yang kondisinya tidak lumayan fit untuk menekuni operasi.

Proses ERCP memakan pas lebih kurang 30-60 menit, atau dapat lebih cepat. Setelah menekuni prosedur ini, Anda umumnya kudu menginap satu malam di rumah sakit untuk memantau kondisi.

5. Ultrasound-Guided Drainage Procedure
Pilihan penyembuhan terbaik untuk pengidap batu empedu yang miliki peradangan kantung empedu akut (kolesistitis) dan tidak dapat menekuni operasi adalah prosedur Acute Cholecystostomy (ACE) bersama Ultrasound-Guided Drainage Procedure.

Sebuah laporan yang diterbitkan bulan April 2018 di jurnal Surgical Endoscopy menemukan bahwa penyembuhan batu empedu ini hasilnya lumayan efektif.

Umumnya dokter bakal memberi saran pasien batu empedu diobati bersama prosedur ini daripada kudu mengangkat keseluruhan kantung empedu.

Pengobatan batu empedu ini memakai prosedur endoskopik yang ditempatkan di antara kantung empedu dan saluran pencernaan. Proses endoskopi dilaksanakan untuk menyingkirkan infeksi pada saluran dan kantung empedu.

6. Drainase transmural
Drainase transmural adalah penyembuhan batu empedu bersama menciptakan saluran baru segera melalui perut ke di dalam kantong empedu.

Saluran ini terbuat berasal dari stent logam yang ditempatkan supaya cairan berasal dari kantong empedu mengalir segera ke usus kecil. Prosedur ini juga dapat mengakibatkan dekompresi pada kantong empdu.

7. Akupunktur
Akupunktur sebagai penyembuhan batu empedu hanya meredakan tanda-tanda nyerinya saja, tidak menyingkirkan atau menghancurkan batu.

Satu penelitian di China menyebut akupunktur dapat meringankan sakit punggung, sakit perut, dan mual pada 60 orang bersama kolesistitis (radang kandung empedu). Hasilnya, akupunktur juga menopang sesuaikan volume kantung empedu.

Meski begitu, penelitian ini tidak berhasil membuktikan bahwa akupunktur mengurangi jumlah atau ukuran batu empedu.

Perlu dicatat, kemanjuran akupunktur sebagai penyembuhan batu empedu juga belum banyak dibuktikan oleh penelitian valid. Akupuntur di sini sifatnya hanya untuk meredakan gejala.

Cari pakar akupunktur yang bersertifikat untuk menanggung keamanannya. Pastikan juga bahwa terapis akupuntur memakai jarum baru sekali memakai yang steril untuk memelihara kebersihan alat.

Obat batu empedu alami di rumah
Dalam banyak kasus, batu empedu taraf enteng tidak menyebabkan sakit yang intens dikarenakan ukurannya masih tergolong kecil dan tidak begitu menyumbat kantong empedu.

Nah untuk masalah yang ringan, beragam penyembuhan alami ini kemungkinan manjur untuk meredakan tanda-tanda batu empedu saja.

Cara-cara alternatif kerap jadi “pelarian” bagi banyak orang untuk hindari dampak samping operasi. Namun, jangan khawatir. Cara-cara ini sama ampuhnya bersama penyembuhan medis di atas untuk menopang meluruhkan atau menghancurkan batu empedu.

1. Kompres hangat bagian perut yang sakit
Mengompres perut atas bersama handuk hangat dapat menyingkirkan rasa sakit akibat peradangan pada empedu.

Rendam handuk di dalam air hangat dan tempelkan ke tempat yang sakit selama 10 sampai 15 menit. Anda juga dapat memakai botol air hangat yang ditempel ke perut kanan atas untuk mendapat dampak yang sama. Ulangi sistem ini sampai rasa sakitnya hilang.

2.Pakai cuka apel
Beberapa orang percaya cuka apel dapat jadi obat batu empedu alami. Cuka sari apel mentah bersifat antiradang yang dapat bermanfaat untuk menyingkirkan rasa sakit di kandung empedu.

Untuk mengobati nyeri kantung empedu, larutkan 2 sendok makan cuka sari apel bersama air hangat. Lalu minum dan menunggu sampai rasa sakitnya mereda. Sebaiknya jangan biasakan segera minum sari cuka apel tanpa air, dikarenakan asamnya dapat mengakibatkan kerusakan gigi Anda.

3. Minum teh peppermint
Peppermint punya kandungan mentol, senyawa yang dapat menenangkan dan menopang menyingkirkan rasa sakit. Untuk beroleh fungsi pepermint sebagai obat batu empedu, Anda dapat meramunya jadi teh.

Selain itu, teh daun mint juga dapat digunakan untuk meredakan sakit perut, tingkatkan kerja pencernaan, dan meredakan mual. Minumlah teh ini secara teratur untuk mengurangi jumlah serangan nyeri batu empedu yang Anda alami.

Operasi batu empedu hanya sebagai jalur terakhir
Jika batu empedu terus kambuh berulang kali, dokter barulah bakal memberi saran operasi sebagai jalur penyembuhan terakhir. Apalagi kalau suasana Anda disertai masalah kebugaran lainnya.

Jika jadwal operasi Anda pun tertunda, Anda kudu tetap teratur konsultasi dokter dan segera laporkan kalau gejalanya jadi parah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *