Cara Mengobati Sakit Sariawan Dan Pencegahannya

Sariawan yang di dalam istilah medis disebut stomatitis aftosa (apthous stomatitis) atau canker sore adalah luka di di dalam mulut yang bisa mengundang rasa sakit dan tidak nyaman. Luka tersebut bisa berupa oval atau bulat, dan berwarna putih atau kuning bersama dengan tepiannya yang berwarna merah akibat peradangan.

Cara Mengobati Sakit Sariawan Dan Pencegahannya

Lokasi sariawan bisa berlangsung di anggota di dalam pipi atau bibir, serta di permukaan gusi dan lidah. Sariawan yang tumbuh bisa berjumlah satu atau lebih. Sariawan umumnya bukan juga penyakit yang bisa menular. Namun pada beberapa kasus, luka sariawan bisa disebabkan oleh infeksi virus.

Namun tak sekedar situasi di atas, sariawan di lidah juga bisa berlangsung akibat infeksi pada mulut yang disebabkan oleh jamur, dan dikenal bersama dengan istilah oral thrush. Sariawan ini bisa dikenali berasal dari bentuknya yang nampak layaknya luka berselaput keputih-putihan. Tak cuma di lidah, sariawan juga bisa timbul di pipi anggota dalam, gusi, amandel, hingga anggota belakang tenggorokan.

Penggunaan Obat Antijamur untuk Sariawan di Lidah
Umumnya sariawan yang bukan disebabkan oleh infeksi jamur bisa membaik sendiri di dalam saat beberapa hari hingga 2 minggu. Namun jika sariawan di mulut disebabkan oleh infeksi jamur, maka akan dibutuhkan obat antijamur untuk menghentikan pertumbuhan jamur. Obat tersebut bisa di dalam bentuk pill dan obat cair.

Salah satu pilihan obat sariawan di mulut yaitu obat antijamur clomatrizole, di dalam bentuk pill kunyah yang dibiarkan larut di dalam mulut. Selain itu, tersedia pula obat antijamur nystatin. Obat ini digunakan layaknya obat kumur yang dibiarkan di di dalam mulut beberapa saat kemudian ditelan.

Jika obat-obatan di atas tidak bisa membantu, dokter bisa mengimbuhkan resep obat fluconazole atau itraconazole. Obat ini juga biasa diberikan pada penderita HIV/AIDS yang menderita infeksi jamur di di dalam mulut.

Ketika bayi yang masih memperoleh air susu ibu (ASI) terkena sariawan di lidah, maka pengobatan berupa krim antijamur juga diberikan pada payudara ibu. Hal ini untuk menahan infeksi berulang.

Sariawan di lidah sebaiknya mendapat penanganan berasal dari dokter, lebih-lebih jika tidak kunjung membaik atau tidak diketahui penyebab pastinya.

Perawatan Sariawan di Lidah secara Mandiri di Rumah
Beberapa langkah tersebut bisa dilaksanakan sendiri di rumah untuk menolong meringankan rasa sakit akibat sariawan di lidah, caranya:

Menyikat gigi dua kali sehari
Hal ini dilaksanakan untuk merawat kebersihan mulut. Jika perlu, manfaatkan benang gigi atau dental floss satu kali tiap-tiap hari. Sering-seringlah mengganti sikat gigi saat terkena infeksi jamur. Hindari sharing manfaatkan sikat gigi bersama dengan orang lain, biarpun kerabat atau pasangan sendiri.
Jangan manfaatkan obat kumur atau spray
Hal ini untuk jauhi pertumbuhan flora normal mulut, jika direkomendasi oleh dokter untuk mengatasi situasi tertentu.
Berkumur bersama dengan air garam
Campurkan 1/2 sendok teh garam di dalam satu cangkir air hangat. Kemudian berkumur beberapa saat dan buang. Anda bisa berkumur
dengan air garam beberapa kali di dalam sehari.
Perbanyak minum air putih
Jika sariawan mulai sakit saat Anda minum, maka manfaatkan sedotan.
Pilih makanan yang tidak perlu banyak dikunyah
Misalnya, makanan lembut, agar-agar, dan es krim.
Yoghurt tanpa pemanis
Untuk mengembalikan tingkat bakteri baik di dalam tubuh, konsumsilah yoghurt tanpa pemanis yang mempunyai kandungan Lactobacillus acidophilus, atau bisa juga diminum di dalam bentuk kapsul.
Batasi asupan gula dan produk yang mempunyai kandungan ragi
Seperti roti, bir, serta wine yang bisa mendorong pertumbuhan jamur.
Jangan meremehkan sariawan di lidah, lebih-lebih jika telah mengganggu dan tak kunjung membaik. Konsultasikan ke dokter untuk pengobatan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *