Mengatasi Alergi Pada Tubuh Kita Secara Efektif Dan Terbukti Ampuh

Alergi adalah sebuah tanggapan berasal dari proses imun atau reaksi tubuh terhadap zat yang umumnya tidak berbahaya.

Mengatasi Alergi Pada Tubuh Kita Secara Efektif Dan Terbukti Ampuh

Berikut adalah lebih dari satu jenis penyakit alergi:

Anafilaksis. Anafilaksis merupakan penyakit alergi yang nyata-nyata dan reaksinya dapat mengancam jiwa. Jenis penyakit alergi ini melibatkan memadai banyak organ tubuh kami dan dapat bereaksi dengan sangat cepat.
Asma. Asma adalah penyakit gawat yang dapat mempersempit saluran hawa di dalam paru-paru, memicu mengi, sesak napas, sesak dada dan batuk. Asma umumnya disebabkan oleh substansi pemicu alergi dengan kata lain alergen.
Dermatitis atopik (eksim). Dermatitis atopik atau yang dikenal dengan eksim adalah keadaan kulit yang mengalami peradangan tetapi tidak menular. Kulit yang mengalami inflamasi ditandai dengan kulit kering, gatal dan mengeluarkan cairan ketika tergores.
Alergi lingkungan. Alergi lingkungan dapat berjalan ketika proses kekebalan tubuh bereaksi secara abnormal terhadap zat-zat berbahaya seperti debu atau bulu binatang. Zat-zat berbahaya dapat memicu reaksi alergi terhadap hidung dan paru-paru.
Alergi makanan. Alergi terhadap makanan berjalan ketika proses kekebalan tubuh merespon makanan yang tidak berbahaya dan melawan makanan selanjutnya seakan-akan makanan itu adalah sebuah ancaman. Beberapa macam makanan yang paling umum memicu reaksi alergi adalah susu, telur, kacang tanah, kedelai, gandum, ikan, kerang, dan seafood.
Kenapa alergi tidak boleh disepelekan?
Kebanyakan alergi tidak dapat disembuhkan dan kami mesti siap hidup dengan keadaan ini selamanya. Alergi terhitung punyai akibat yang berbeda-beda terhadap tiap-tiap orang menjadi berasal dari iritasi kecil hingga dengan anafilaksis yang dapat mengancam jiwa.

Penyebab dan Faktor Risiko
Apa penyebab alergi?
Alergi merupakan perihal yang sangat umum. Gen maupun lingkungan dapat jadi penyebab alergi. Jika kami punyai orangtua yang alergi, kemungkinan kami terhitung dapat punyai alergi.

Sistem kekebalan tubuh berfaedah sebagai pelindung terhadap zat-zat berbahaya, seperti bakteri dan virus. Namun terhadap penderita alergi, proses imun tubuh terhitung bereaksi terhadap zat-zat yang tidak berbahaya, yang disebut alergen. Alergen umumnya tidak berbahaya dan tidak mengakibatkan masalah bagi orang lain. Namun bagi orang punyai alergi, proses kekebalan tubuh sangat sensitif sehingga bahan tak berbahaya pun memicu respon. Bahan kimia seperti antihistamin pun diproduksi oleh tubuh dan memicu reaksi alergi yang biasa kami menyaksikan atau alami.

Beberapa perihal yang sering jadi pemicu alergi adalah:

obat-obatan
debu
makanan
racun serangga
serbuk sari
binatang peliharaan dan bulu binatang
jamur
Beberapa alergi dapat berjalan dikarenakan suhu panas atau dingin, sinar matahari, atau lingkungan. Terkadang, menggaruk atau menggesek kulit terhitung dapat memicu tanda-tanda alergi. Jika Anda punyai sinusitis, eksim, atau asma, alergi dapat memicu penyakit selanjutnya makin buruk.

Siapa saja yang berisiko terkena penyakit alergi?
Beberapa faktor memicu tubuh lebih rentan terhadap alergi yaitu:

Memiliki riwayat keluarga alergi atau punyai asma. Jika kami memilki anggota keluarga yang alergi atau asma, kemungkinan besar kami terhitung dapat punyai alergi.
Anak-anak punyai risiko lebih besar mengalami alergi daripada orang dewasa, dan alergi yang mereka punyai umumnya dapat hilang ketika mereka beranjak dewasa.
Jika kami punyai asma atau alergi, kami terhitung berpotensi dapat mengalami alergi-alergi yang lain.
Gejala
Apa saja tanda-tanda berasal dari penyakit alergi?
Ketika anggota tubuh bersentuhan dengan penyebab alergi, maka tanda-tanda alergi dapat muncul. Berikut adalah lebih dari satu contoh tanda-tanda alergi yang sering terjadi:

Alergen yang dihirup sering memicu hidung tersumbat, gatal terhadap hidung dan tenggorokan, berlendir, batuk dan mengi.
Alergen yang menyentuh mata dapat memicu mata gatal, berair, merah dan bengkak.
Makanan pemicu alergi dapat memicu mual, muntah, sakit perut, kram, diare, atau reaksi yang dapat yang mengancam jiwa.
Alergen yang menyentuh kulit dapat memicu ruam kulit, gatal-gatal, lecet, atau kulit terkelupas.
Alergi obat dapat melibatkan semua tubuh dan memicu beragam macam tanda-tanda alergi.
Jika lebih dari satu tanda-tanda alergi keluar di dalam tubuh, segera hubungi dokter sehingga alergi dapat diobati secepatnya.

Tes dan Diagnosis
Bagaimana cara mendiagnosis penyakit alergi?
Tes alergi umumnya diperlukan untuk jelas apakah tanda-tanda yang Anda alami sebetulnya disebabkan oleh alergi atau oleh penyebab lain. Beberapa tes alergi yang biasa dilaksanakan adalah:

Tes terhadap kulit. Ini adalah metode yang paling umum digunakan untuk jelas penyebab alergi. Ada 3 jenis tes terhadap kulit yakni prick testing, patch testing, dan intradermal testing.
Challenge test.
Tes darah Immunoglobulin E (IgE) untuk mengukur tingkat zat alergi dan efeknya terhadap tubuh.
Complete blood count (CBC) yang digunakan untuk mengkalkulasi kuantitas sel darah putih eosinofil.
Apa saja pemeriksaan lain yang dapat menunjang diagnosis?
Dokter umumnya dapat menyarankan Anda untuk menghindari atau justru gunakan zat atau benda tertentu, untuk jelas apakah reaksi alergi Anda memburuk atau membaik setelah terpapar benda tersebut. Tes ini disebut pengujian eliminasi. Proses ini sering digunakan untuk memeriksa apa saja makanan dan obat yang dapat jadi penyebab alergi.

Selain itu, dokter terhitung dapat memeriksa reaksi tubuh dengan gunakan suhu panas, dingin, ataupun rangsangan lain.

Terkadang alergen terhitung dicariakn dan diteteskan ke di dalam kelopak mata anggota bawah untuk memeriksa reaksi alergi. Tes terhadap alergi ini mesti dilaksanakan hanya oleh dokter atau spesialis kesehatan.

Obat & Pengobatan
Apa saja penyembuhan untuk penyakit alergi?
Cara terbaik untuk mengurangi kambuhnya tanda-tanda alergi adalah menghindari penyebab alergi Anda, jika menghindari makanan dan obat-obatan yang dapat memicu alergi.

Ada lebih dari satu jenis obat yang berfaedah untuk menghindar dan mengobati alergi, dan penggunaannya bergantung terhadap saran yang diberikan oleh dokter. Biasanya dokter dapat menyarankan obat alergi bergantung terhadap jenis alergi dan sejauh mana alergi keluar terhadap diri seseorang. Berikut obat-obatan yang umumnya digunakan untuk mengobati alergi:

Antihistamin
Antihistamin dapat digunakan cocok dengan resep dokter dan obat ini tersedia di dalam lebih dari satu bentuk, di antaranya:

Kapsul dan pil
Obat tetes mata
Suntikan
Cairan
Nasal spray
Kortikosteroid
Kortikosteroid adalah obat anti-inflamasi yang tersedia di dalam lebih dari satu bentuk, yaitu:

Krim dan salep untuk kulit
Obat tetes mata
Nasal spray
Inhaler untuk paru-paru
Orang dengan tanda-tanda alergi yang gawat dapat mendapatkan resep obat berupa pil kortikosteroid atau suntikan yang berfaedah di dalam jangka pendek.

Dekongestan
Dekongestan dapat menunjang meringankan hidung tersumbat. Jangan gunakan semprotan hidung dekongestan lebih berasal dari lebih dari satu hari dikarenakan obat ini dapat memicu pengaruh rebound. Akan tetapi, dekongestan di dalam bentuk pil tidak punyai pengaruh samping yang sama. Orang yang punyai tekanan darah tinggi, masalah jantung, atau masalah prostat, mesti gunakan dekongestan dengan hati-hati.

Obat-obatan lainnya
Inhibitor leukotriene adalah obat yang dapat halangi zat-zat yang dapat memicu alergi. Orang yang punyai asma dapat mendapatkan obat ini.

Suntikan alergi
Suntikan alergi (immunotherapy) dapat diberikan jikalau tubuh tidak dapat menghindari alergen dan pasien mengalami tanda-tanda alergi yang susah dikendalikan. Suntikan alergi bekerja dengan cara merawat tubuh bereaksi terlalu berlebih terhadap alergen. Suntikan alergen mesti digunakan secara teratur. Suntikan dapat diberikan berasal dari dosis paling rendah, dan suntikan-suntikan berikutnya dapat memiliki kandungan dosis yang tetap lebih tinggi hingga dosis maksimum tercapai. Suntikan alergen tidak dapat digunakan oleh semua orang, dan Anda mesti sering mengunjungi dokter untuk mendapatkan suntikan ini.

Sublingual Imunoterapi Treament (SLIT)
Imunoterapi sublingual adalah penyembuhan alternatif yang dapat dilaksanakan untuk mengobati alergi tanpa suntikan. Dokter pakar alergi dapat mengimbuhkan dosis yang rendah terhadap pasien. Obat ini diletakkan di bawah lidah sehingga dapat mengurangi tanda-tanda alergi yang parah. Reaksi alergi gawat atau anafilaksis mesti diobati dengan obat alergi atau yang disebut dengan epinefrin. Obat ini sangat berfaedah untuk menyelamatkan jiwa seseorang.

Apa saja yang komplikasi berasal dari alergi yang kemungkinan terjadi?
Anafilaksis (reaksi alergi yang dapat mengancam jiwa seseorang).
Masalah pernapasan dan ketidaknyamanan selama reaksi alergi menyerang tubuh.
Mengantuk dan timbulnya pengaruh samping berasal dari pemakaian obat.
Bagaimana aku dapat mengontrol keadaan alergi saya?
Menyusui dapat menunjang menghindar atau mengurangi alergi ketika bayi diberikan ASI di umur 4 hingga 6 bulan. Mengubah pola makan selama kehamilan atau kala menyusui tidak dapat menunjang menghindar timbulnya alergi.

Mengubah makanan atau gunakan formula khusus tidak dapat menghindar alergi. Jika kami punyai riwayat keluarga eksim dan alergi, maka diskusikanlah berkenaan makanan dengan dokter yang bersangkutan.

Ada bukti yang membuktikan bahwa jikalau seorang anak terekspos terhadap zat-zat alergen di tahun pertama kehidupannya, ini justru dapat mencegahnya punyai alergi terhadap zat ini. Teori ini disebut “hipotesis higienis”. Kesimpulan ini diambil alih berdasarkan observasi bahwa balita yang dibesarkan di peternakan umumnya lebih jarang punyai alergi dibanding balita yang dibesarkan di lingkungan yang lebih steril. Namun, teori ini tidak berlaku bagi semua balita.

Jika Anda telah telanjur punyai alergi, mengobati gejalanya dan tetap waspada menghindari pemicu alergi dapat menunjang Anda menghindar timbulnya reaksi alergi di era depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *