Obat Alami Atasi Keracunan Makanan

Keracunan makanan sering berjalan akibat jajan teledor dikarenakan mengonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri, parasit, atau virus. Selain itu, Anda termasuk sanggup mengalami keracunan makanan sesudah makan daging yang kurang matang atau mentah layaknya daging steak bersama tingkat kematangan rare, atau sushi dan makanan laut mentah lainnya yang sanggup langsung dimakan. Jika sudah telanjur terjadi, apa saja obat keracunan makanan yang sanggup dikonsumsi?

Obat Alami Atasi Keracunan Makanan

Gejala keracunan makanan biasa keluar dalam sebagian jam sesudah Anda makan atau minum sesuatu yang terkontaminasi kuman. Namun umumnya, menanggulangi keracunan makanan tidak mesti langsung bersama obat medis jika tarafnya ringan. Pada dasarnya situasi ini sanggup sembuh sendiri dalam 1 sampai 2 hari ke depan.

Namun, Anda sanggup mencoba sebagian obat alami ini sehingga lebih cepat sembut berasal dari keracunan makanan:

1. Air
Air mineral adalah obat alami untuk mencegah risiko dehidrasi akibat keracunan makanan. Air sanggup menolong isikan lagi cairan tubuh yang terbuang melalui muntah dan diare yang Anda alami.

Selain air putih biasa, Anda termasuk sanggup penuhi lagi cairan tubuh bersama minum kuah hangat layaknya sop ayam atau sayur bayam bening. Namun, menjauhkan makanan berkuah yang pedas, bersantan, dan berminyak.

2. Makanan rendah serat
Nasi putih, roti tawar panggang, dan pisang termasuk sanggup jadi obat alami untuk menanggulangi keracunan makanan. Makanan-makanan berikut rendah serat yang mudah dicerna usus saat tengah meradang.

Selain itu, pisang dan nasi merupakan makanan tinggi karbohidrat yang menolong membuahkan lebih banyak daya untuk melawan penyakit.

3. Teh jahe
Menurut penelitian di tahun 2017 berasal dari jurnal Nutrition, jahe sanggup dijadikan obat alami untuk meredakan mual yang Anda rasakan saat keracunan makanan.

Anda sanggup meracik teh jahe hangat untuk mendapatkan manfaat ini. Caranya, kupas bersih jahe seukuran 1-4 cm dan rebus dalam panci berisi air sampai mendidih. Minum teh jahe sebanyak 1-2 kali sehari.

4. Makanan probiotik
Setelah situasi perut menjadi membaik, Anda boleh mencoba makanan tinggi probiotik sebagai obat keracunan makanan alami.
Makanan tinggi probiotik mengandung bakteri baik yang sanggup menyeimbangkan bakteri jahat di dalam usus. Probiotik termasuk sanggup menolong tubuh Anda meregenerasi bakteri sehat yang hilang dan menambah kerja sistem pencernaan dan juga sistem imun tubuh.
Anda sanggup mengonsumsi makanan probiotik yang mudah, layaknya yogurt atau tempe yang direbus.

5. Istirahat
Istirahat di tempat tinggal adalah salah satu perawatan alami yang sanggup Anda melaksanakan saat terserang keracunan makanan.
Saat istirahat tubuh bakal melakukan perbaikan jaringan dalam yang rusak dikarenakan terserang infeksi virus dan bakteri.
Tubuh termasuk perlu suplai daya yang lumayan untuk melawan keracunan makanan, dan itu sanggup Anda dapatkan berasal dari istirahat.

Segera ke dokter apabila mengalami tanda-tanda berikut

Gejala keracunan makanan yang khas memang hanya sekadar muntah dan diare. Namun jika tanda-tanda keracunan makanan tidak termasuk membaik sesudah 1-2 hari, sebaiknya langsung ke dokter untuk mendapatkan obat yang tepat. Keracunan makanan yang tidak ditangani bersama baik sanggup memicu dehidrasi yang risikonya fatal. Segera ke IGD tempat tinggal sakit paling dekat apabila Anda atau orang paling dekat Anda mengalami tanda-tanda keracunan makanan kritis layaknya berikut ini:

  • Mulut menjadi terlampau kering
  • Rasa haus yang ekstrem
  • Kencing sedikit, atau tidak sama sekali kencing
  • Air kencing warnanya gelap
  • Detak jantung cepat
  • Tekanan darah rendah
  • Kepala menjadi pusing. Terutama saat beranjak berasal dari rebahan ke duduk atau berdiri, atau berasal dari duduk ke berdiri.
  • Linglung atau kebingungan
  • Ada darah di muntah atau di feses saat membuang air besar
  • Pandangan kabur
  • Diare berjalan sepanjang lebih berasal dari 3 hari
  • Nyeri hebat atau kram di perut Anda
  • Demam lebih berasal dari 38° Celsius
  • Tangan kesemutan
  • Otot lemas

Obat keracunan makanan di tempat tinggal sakit
Pada kasus yang parah, keracunan makanan kemungkinan mesti diobati dokter dikarenakan risikonya sanggup fatal apabila sampai kena dehidrasi. Orang tua umur lanjut dan anak-anak adalah yang paling berisiko mengalami dehidrasi.

Berikut adalah sebagian obat keracunan makanan yang bakal diberikan di tempat tinggal sakit:

1. Rehidrasi oral
Dikutip berasal dari Panduan Klinis Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, penyembuhan lini pertama di tempat tinggal sakit untuk keracunan makanan adalah bersama rehidrasi.
Rehidrasi bakal diberikan bersama obat atau suplemen yang mengandung cairan elektrolit (natrium dan glukosa), umumnya berbentuk oralit. Dokter termasuk kemungkinan bakal memasangkan infus yang mengandung larutan natrium klorida isotonik, dan larutan Ringer Laktat.

Obat rehidrasi oral berasal dari dokter bakal bekerja lebih cepat mengganti cairan elektrolit tubuh yang hilang saat Anda mengalami keracunan makanan.

2. Obat model adsorben
Selain itu, Anda kemungkinan bakal diberikan obat adsorben layaknya kaopectate dan aluminium hidroksida. Obat ini menolong memadatkan feses apabila diare akibat keracunan makanan berjalan lama. Obat ini hanya digunakan apabila situasi diare Anda berjalan lebih berasal dari sebagian hari.

3. Obat antibiotik
Obat antibiotik layaknya cotrimoxazole atau cefixime kemungkinan bakal diberikan dokter jika penyebab keracunan makanan Anda adalah bakteri tertentu, apabila infeksi Salmonella typhii. Obat berikut bekerja mencegah perkembangan bakteri yang masuk menginfeksi tubuh.

Anda termasuk sanggup diobati bersama antibiotik apabila tanda-tanda keracunan makanan disebabkan oleh infeksi parasit.

Namun jika penyebab keracunan makanan Anda dikarenakan infeksi virus, dokter bakal beri tambahan perawatan lain. Infeksi virus tidak sanggup ditangani bersama obat antibiotik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *