Tips Jaga Kesehatan Pita Suara

Bagi Anda yang miliki hobi menyanyi, atau kemungkinan tengah menekuni karir di industri musik sebagai penyanyi, Anda tentu paham betul bahwa nada adalah aset yang bernilai dan miliki peran mutlak dalam hidup. Agar selamanya prima dan stabil, pita nada perlu selamanya dijaga kesehatannya. Simak tetap artikel berikut ini untuk paham cara memelihara kesegaran pita nada Anda.

Tips Jaga Kesehatan Pita Suara

Tidak cuma penyanyi, banyak orang yang tergantung pada kualitas pita suaranya dalam bekerja, seperti guru, dokter, pengacara, dan public speaker. Namun, tidak banyak yang paham bagaimana cara memelihara kesegaran dan performa pita nada bersama tepat. Berikut adalah tips yang bisa Anda cobalah untuk mencegah kerusakan pada pita suara:

1. Melatih nada seperti seorang atlet

Menurut Dr. Wendy LeBorgne, seorang ahli patologi nada dan spesialis vokal, benar-benar mutlak bagi penyanyi untuk melatih pita nada seperti seorang atlet melatih tubuhnya.

Seperti atlet olahraga, penyanyi juga perlu menyempurnakan keterampilannya. Latihan yang dikerjakan pun perlu ikuti jadwal yang dibuat, disertai bersama istirahat sehingga performa pita nada tidak benar-benar dipaksakan.

Latihan yang dikerjakan bisa bersifat pemanasan suara, stretching leher dan bahu, latihan pernapasan, dan juga ikuti pola makan yang sehat. Dengan ini, Anda miliki risiko yang kecil untuk mengalami cedera pada pita suara, dan juga selamanya siap tampil secara optimal gara-gara persiapan yang cukup.

2. Gunakan nada Anda sebijak mungkin
Cara lain untuk memelihara kesegaran pita nada adalah bersama kenakan nada Anda seperlunya. Usahakan untuk tidak berbicara benar-benar banyak atau menyanyi ketika Anda kelelahan atau nada Anda jadi terdengar serak.

Selain itu, menjauhkan berbicara bersama volume benar-benar keras, berteriak, atau menyanyi bersama cara yang dipaksakan. Hal berikut memicu pita nada Anda membengkak dan berpotensi muncul nodul pita suara.

3. Menyanyilah bersama style Anda sendiri
Berusaha untuk ikuti atau mencontoh cara bernyanyi orang lain, bila penyanyi idola Anda, justru memaksakan pita nada Anda untuk jalankan perihal yang diluar batas zona nyamannya. Pasalnya, tiap-tiap pita nada miliki level vokal dan juga fisiologi yang berbeda-beda.

Selain bisa menonjolkan identitas diri Anda yang sesungguhnya, bernyanyi bersama style Anda sendiri juga bagus untuk memelihara kesegaran pita nada Anda.

4. Minum air putih yang banyak
Bukan rahasia lagi bahwa mencukupi keperluan air tiap-tiap hari berdampak baik dalam memelihara kesegaran pita suara. Anda direkomendasikan untuk minum sebanyak 6 sampai 8 gelas air putih sehari. Batasi minum alkohol maupun kafein, gara-gara bisa memicu banyak kehilangan air dan tenggorokan menjadi kering. Alkohol juga bisa mengiritasi selaput lendir yang melapisi tenggorokan.

Dengan banyak minum air, tenggorokan Anda akan selamanya terhidrasi. Tenggorokan yang kering berisiko memicu kerusakan pada pita suara.

5. Memiliki pola hidup yang sehat
Kesehatan pita nada Anda akan selamanya terjaga bila Anda konsisten menjalani pola hidup yang sehat. Atur pola makan Anda bersama menu makanan yang kaya akan nutrisi bermanfaat.

Anda bisa menentukan makanan berserat, terbuat berasal dari gandum utuh, sayur-sayuran, dan juga buah-buahan. Makanan-makanan berikut punya kandungan vitamin A, E, dan C yang baik untuk selaput lendir pada tenggorokan, sehingga pita nada Anda selamanya terlindungi.

Selain itu, menjauhkan rutinitas buruk yang berpotensi menyebabkan kerusakan pita nada Anda, seperti rokok dan minuman beralkohol. Anda juga sebaiknya mengurangi penggunaan obat kumur untuk menjauhkan kadar zat kimia di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *