daun sambiloto untuk manfaat kesehatan mungkin tidak terdengar asing bagi kebanyakan orang. Namun, daun sambiloto telah digunakan dalam berbagai ramuan tradisional. Tanaman ini seharusnya untuk mencegah dan mengobati penyakit tertentu.

HomeHot

7 Manfaat daun pahit efek samping dan kesehatan
Husnul AbdiHusnul Abdi

2 Januari 2020 24:15 GMT

96
Manfaat Daun Bitter
Manfaat Daun Bitter (Wikimedia Commons)

Liputan6.com, Jakarta daun sambiloto untuk manfaat kesehatan mungkin tidak terdengar asing bagi kebanyakan orang. Namun, daun sambiloto telah digunakan dalam berbagai ramuan tradisional. Tanaman ini seharusnya untuk mencegah dan mengobati penyakit tertentu.

Baca juga

sayur pahit mencegah diabetes
pencegahan malaria yang efektif pahit
obat tradisional dan penyakit hati Bagaimana mencegah

Andrographis paniculata pahit atau tanaman yang memiliki rasa sangat pahit. Meskipun rasanya sangat pahit, pahit di bidang manfaat kesehatan yang harus diperhitungkan. Pahit ditunjuk andrografolida zat aktif yang diekstrak dari batang dan daun pahit.

manfaat daun pahit dapat diperoleh sehubungan dengan kondisi tertentu. Sementara itu baik untuk kesehatan, daun sambiloto dapat menyebabkan efek samping. Selain itu, orang dengan kondisi kesehatan tertentu harus menghindari daun sambiloto ini.

Berikut Liputan6.com dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (2020/12/02) tentang manfaat daun sambiloto.

Meredakan gejala pilek dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Meredakan gejala pilek dan flu

Manfaat pertama dari daun sambiloto adalah untuk meringankan gejala pilek dan flu. Sebagai bentuk pengobatan, studi ini menemukan manfaat dalam bentuk ekstrak daun pahit yang dikombinasikan dengan manfaat ginseng mungkin dapat meredakan gejala pilek seperti bersin, sakit tenggorokan, hidung tersumbat, nasal discharge kemudian, dan batuk.

Biasanya gejala akan berkurang setelah dua sampai lima hari mengkonsumsi pahit. Meskipun mereka masih memiliki tes lainnya. Jika Anda ingin mencoba untuk mencegah pilek membawa tanaman ini, adalah dengan menggabungkan pahit terpuji dikombinasikan dengan ekstrak ginseng.

Juga, pastikan produk herbal yang terdaftar di BPOM sebelum Anda mulai mengambil mereka.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat lembar berikutnya adalah pahit untuk merangsang sistem kekebalan tubuh. Ekstrak tanaman ini merupakan imunostimulan, yang meningkatkan kinerja badan terkait sistem kekebalan tubuh.

Properti ini terutama bekerja pada infeksi saluran pernapasan atas dan infeksi HIV. Selanjutnya, pahit dapat digunakan untuk meredakan peradangan (anti-inflamasi) dan mengurangi keluhan terkait hati-.

penyakit jantung membantu mencegah dan diabetes

Membantu Mencegah penyakit jantung

Manfaat daun sambiloto juga dipercaya untuk meningkatkan kesehatan jantung. Tanaman ini dapat mencegah pembentukan gumpalan darah dan dapat membantu untuk memecah gumpalan darah.

pada tahun 1994. Penelitian yang diterbitkan oleh Cina Medical Journal menunjukkan bahwa ekstrak A. paniculata bisa memblokir pembentukan bekuan darah dan mencegah penyempitan arteri.

Dengan demikian, tanaman ini dapat membantu sirkulasi darah dan mencegah penyakit jantung. Selain itu, pahit juga dipercaya untuk bersantai dinding pembuluh darah otot, yang membantu untuk menurunkan tekanan darah.

Membantu mencegah diabetes

Selain penyakit jantung, manfaat daun sambiloto juga telah dikenal untuk membantu mencegah diabetes. Penelitian pada tikus yang diberi lemak tinggi dan konsumsi gula A. paniculata telah menunjukkan bahwa hal itu dapat menurunkan kadar glukosa, trigliserida dan kolesterol LDL.

Selain itu, studi yang diterbitkan oleh India Journal of Pharmacology tahun 2012 menemukan bahwa andrographolide senyawa aktif yang terkandung dalam A. paniculata dan efek hipoglikemik penurun lipid. Efek ini bisa mencegah Anda dari diabetes.

Meningkatkan kesehatan pencernaan dan kanker Mencegah

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Selain itu, manfaat daun sambiloto juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Tanaman ini dapat membantu Anda mengatasi masalah pencernaan seperti diare, sembelit, kolik, gas dalam usus, dan nyeri perut.

Selain itu, A. paniculata juga dapat membantu memperkuat hati dan mengatasi masalah jantung, seperti pembesaran hati, penyakit kuning dan obat kerusakan hati.

Membantu menyembuhkan Infeksi Sinus

pahit memiliki antibakteri, antivirus dan anti-parasit yang membuatnya mampu mengobati infeksi. Salah satu keuntungan dari daun sambiloto adalah untuk menyembuhkan infeksi. Sambiloto dapat membantu menghentikan bakteri yang menempel penyebab mukosa sinus. Dengan demikian, semakin Anda mendapatkan sinusitis.

Selain itu, beberapa penyakit menular lainnya yang dapat disembuhkan dengan herpes kepahitan, kusta, pneumonia, tuberkulosis, gonore, sifilis, malaria, leptospirosis dan rabies. Bitter baru-baru ini juga diketahui membantu mengobati HIV / AIDS. Tanaman ini dapat meningkatkan jumlah sel-sel darah dan merangsang sistem kekebalan tubuh pada pasien HIV.

pencegah kanker

Hasil penelitian menunjukkan bahwa manfaat dari daun sambiloto yang berpotensi dapat mencegah kanker. Dalam pembagian sel-sel kanker dalam catatan penelitian paniculata.

Namun, perlu diingat, ini adalah hasil dari penelitian yang dilakukan di laboratorium. Sel-sel kanker yang tersisa dalam tubuh, bahkan jika Anda sudah makan teratur pahit, negara mungkin berbeda. Masih membutuhkan penelitian.

efek istilah samping dan Lihatlah

Meskipun ia memiliki manfaat kesehatan yang baik, Anda harus mempertimbangkan kondisi tertentu sebelum makan daun pahit. Jika mengambil dosis yang tepat dan dalam waktu singkat, biasanya tidak berbahaya pahit. Namun, konsumsi pahit memiliki risiko efek samping seperti diare, muntah, sakit kepala, pilek, ruam, kelelahan dan kehilangan nafsu makan.

Jangan makan overdosis pahit dan jangka panjang untuk mencegah reaksi alergi yang parah, pembengkakan kelenjar getah bening, serta peningkatan enzim hati. Ikuti aturan penggunaan pada kemasan obat-obatan.

Selain itu, beberapa orang dengan kondisi tertentu seperti wanita hamil dan menyusui memiliki tekanan darah tinggi, menderita penyakit autoimun, memiliki keadaan gangguan darah harus menghindari daun sambiloto ini.

Manfaat penyakit pahit meringankan atau mengobati, memerlukan penelitian lebih lanjut. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum mengambil suplemen pahit atau pahit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *