Gejala Ganguan Mental

Gejala Ganguan Mental

Gangguan mental atau problem jiwa adalah penyakit yang memengaruhi emosi, pola pikir, dan perilaku penderitanya. Sama halnya bersama dengan penyakit fisik, penyakit mental termasuk tersedia obatnya.

Di Indonesia, penderita problem mental diidentikkan bersama dengan sebutan ‘orang gila’ atau ‘sakit jiwa’, dan kerap mengalami perlakuan yang tidak menyenangkan, apalagi hingga dipasung. Padahal, penderita problem mental mampu dibawa ke rumah sakit untuk diberikan pengobatan.

Gangguan mental mampu diobati bersama dengan psikoterapi dan obat-obatan. Pada kasus tertentu, dokter dapat memberikan kombinasi ke-2 metode pengobatan selanjutnya serta menyarankan pasien merintis tipe hidup yang sehat.

Gejala Gangguan Mental
Gejala dan sinyal problem mental terkait terhadap type problem yang dialami. Penderita mampu mengalami problem terhadap emosi, pola pikir, dan perilaku. Beberapa contoh tanda-tanda problem mental adalah:

Waham atau delusi, yakni yakin sesuatu yang tidak nyata atau tidak cocok bersama dengan fakta yang sebenarnya.
Halusinasi, yakni sensasi saat seseorang melihat, mendengar, atau merasakan sesuatu yang memang tidak nyata.
Suasana hati yang berubah-ubah di dalam periode-periode tertentu.
Perasaan sedih yang berlangsung hingga berminggu-minggu, apalagi berbulan-bulan.
Perasaan khawatir dan was-was yang berlebihan dan konsisten menerus, hingga mengganggu kesibukan sehari-hari.
Gangguan makan apabila merasa was-was berat badan bertambah, condong memuntahkan makanan, atau makan di dalam kuantitas banyak.
Perubahan terhadap pola tidur, layaknya mudah mengantuk dan tertidur, sukar tidur, serta problem pernapasan dan kaki gelisah kala tidur.
Kecanduan nikotin dan alkohol, serta penyalahgunaan NAPZA.
Marah berlebihan hingga mengamuk dan laksanakan tindak kekerasan.
Perilaku yang tidak wajar, layaknya teriak-teriak tidak jelas, berbicara dan tertawa sendiri, serta terlihat rumah di dalam situasi telanjang.
Selain tanda-tanda yang mengenai bersama dengan psikologis, penderita problem mental termasuk mampu mengalami tanda-tanda terhadap fisik, apabila sakit kepala, sakit punggung, dan sakit maag.

Kapan mesti ke dokter
Segeralah berkonsultasi bersama dengan dokter spesialis kebugaran jiwa (psikiater) apabila Anda mengalami tanda-tanda di atas, khususnya jikalau lebih dari satu tanda-tanda selanjutnya terlihat secara bersamaan dan mengganggu kesibukan sehari-hari.

Bila orang di kira-kira Anda perlihatkan tanda-tanda problem mental, ajak dia share dan berbicara baik-baik tentang tanda-tanda yang dialaminya. Jika memungkinkan, ajak dia menemui psikiater.

Lekas ke IGD rumah sakit jiwa jikalau terlihat gelagat untuk melukai diri sendiri dan orang lain, khususnya jikalau terlihat keinginan untuk bunuh diri. Bila hal selanjutnya berlangsung terhadap orang di kira-kira Anda, tetaplah bersamanya dan hubungi nomer darurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *