Menghilangkan Tahi Lalat Dengan Cara MedisMunculnya bercak atau benjolan kecil berwarna hitam atau cokelat pada kulit sering dikenal dengan tahi lalat. Sebagian besar tahi lalat tidak beresiko dan tidak menyebabkan rasa sakit agar tidak membutuhkan pengobatan.

Akan namun terkadang, sebagian orang ingin menyingkirkan tahi lalat dengan cepat dikarenakan alasan kosmetik, atau tahi lalat yang timbul menyebabkan rasa tidak nyaman andaikan bergesekan dengan pakaian.

Lantas, adakah langkah menyingkirkan tahi lalat dengan cepat?

Kapan menyingkirkan tahi lalat kudu dilakukan?

Pada dasarnya, tahi lalat kebanyakan berbentuk jinak agar tidak membahayakan.

Untuk type tahi lalat yang tidak ganas, ketetapan untuk menyingkirkan tahi lalat terkait kepada permintaan tiap-tiap orang. Jika pasien terasa terganggu, tidak nyaman, atau risau akibat tahi lalat yang dimiliki, maka prosedur pengangkatan tahi lalat bisa dilakukan.

Perlu tidaknya menyingkirkan tahi lalat bisa dicermati berasal dari ukuran dan perubahan yang terjadi. Maka berasal dari itu, pemilik tahi lalat kudu mengikuti menambahkan ukuran, ketebalan, bentuk, atau warna tahi lalat.

Pasalnya, bisa jadi itu merupakan tahi lalat yang ternyata berbentuk ganas, layaknya kanker kulit melanoma. Jika demikian, tahi lalat berikut kudu diangkat.
Cara menyingkirkan tahi lalat dengan cepat lewat tindakan medis

Ada sebagian langkah menyingkirkan tahi lalat dengan cepat yang bisa dijadikan pilihan. Waktu yang diperlukan pun tergolong relatif singkat, bahkan Anda tak kudu menjalani rawat inap.
1. Tindakan bedah eksisi

Metode bedah eksisi dijalankan untuk menyingkirkan tahi lalat yang berukuran besar.

Biasanya prosedur ini dijalankan dengan membius area di sekitar tahi lalat, sesudah itu memotong tahi lalat beserta jaringan kulit di sekitarnya gunakan pisau bedah. Selanjutnya, dokter bakal menutup luka dengan jahitan.

Setelah jaringan kulit dibedah, dokter bakal menyarankan pemeriksaan biopsi kulit kegunaan memastikan bahwa tahi lalat berikut bukanlah kanker.
2. Cryotherapy (pembekuan)

Cara menyingkirkan tahi lalat dengan cepat lainnya adalah dengan prosedur cryotherapy atau pembekuan. Pada prosedur ini, dokter bakal mengoleskan atau menyemprotkan nitrogen cair yang sangat dingin dengan dosis kecil ke area tahi lalat Anda.

Kemudian, tahi lalat dan jaringan kulit berikut bakal dibuang. Setelah dibuang dengan metode bedah beku, kulit bakal mengalami luka lepuh seukuran tahi lalat. Akan tetapi, tak kudu risau dikarenakan ini bakal pulih dengan sendirinya.

Umumnya, metode ini digunakan untuk menyingkirkan tahi lalat yang menonjol atau kutil. Cryotherapy bisa menyebabkan rasa sakit, namun dokter bakal membius kulit Anda lebih-lebih dahulu dengan anestesi lokal sebelum akan mengawali prosedur.
3. Tindakan laser

Tindakan laser kebanyakan direkomendasi untuk type tahi lalat yang berukuran lebih kecil hingga sadar, berbentuk datar, dan berwarna lebih cerah, dan juga untuk alasan kecantikan.

Salah satu keuntungan utama berasal dari langkah menyingkirkan tahi lalat dengan cepat gunakan laser adalah hasil yang rapi dengan rusaknya jaringan parut sekurang-kurangnya daripada tindakan bedah.

Setelah laksanakan pemeriksaan, dokter bedah bakal punya teknologi laser yang paling tepat dan aman terkait pada type tahi lalat Anda. Beberapa pilihan teknologi laser yang lazim digunakan adalah IPL (Intense Pulse Light), KTP (potassium titanyl phospate), atau laser ND-Yag.

Cara kerja tindakan laser untuk menyingkirkan tahi lalat dengan cepat adalah sinar laser bakal memancarkan panjang gelombang sinar khusus kegunaan menargetkan pigmen gelap di kulit dan menguapkannya.

Selain itu, laser terhitung membakar luka agar prosedur ini nyaris tidak menyebabkan perdarahan dan bisa pulih dengan cepat.
4. Dibakar

Pada metode ini, dokter bakal gunakan alat yang menghantarkan arus listrik bernama kauter untuk menyingkirkan tahi lalat dengan cepat.

Sebuah kawat steril panas digunakan untuk membakar lapisan teratas kulit tahi lalat Anda. Nantinya, jaringan kulit berikut bakal mengering agar tahi lalat bakal lepas.
5. Prosedur eksisi mencukur

Tahi lalat yang menonjol atau terangkat berasal dari kulit sesuai untuk diangkat lewat prosedur operasi eksisi mencukur gunakan pisau bedah. Prosedur ini bisa menyebabkan rasa sakit, namun dokter bakal membius kulit Anda gunakan anestesi lokal sebelum akan memulainya.

Beberapa tahi lalat sesudah itu “dicukur” rata dengan kulit. Sementara, permukaan kulit lainnya bisa saja masih punya sel tahi lalat yang berada di bawah kulit agar dokter bakal memotong lebih didalam kembali hingga ke akarnya agar menahan tahi lalat timbul kembali.

Tindakan bedah cuma memakan selagi sebagian menit. Kemudian, proses pengobatan lukanya sendiri memakan selagi 7-10 hari dengan sinyal kemerahan merah muda gampang selama 3-4 minggu yang bisa memudar secara bertahap selama sebagian bulan mendatang.
6. Prosedur eksisi elips

Prosedur eksisi elips adalah langkah menyingkirkan tahi lalat dengan cepat yang paling invasif. Tindakan ini kebanyakan dipilih untuk tahi lalat yang mencurigakan (gejala kanker kulit) atau untuk orang-orang yang tidak sesuai laksanakan laser atau tindakan bedah.

Setelah dibius lokal, dokter bakal menyingkirkan semua tahi lalat gunakan pisau bedah. Kemudian, dokter bedah bakal menutup luka dengan jahitan kecil yang dibalut dengan perban.

Prosedur ini memakan selagi sekitar 20 menit. Setelah proses pengobatan awal, jaringan parut bekas operasi bakal tetap memudar agar meninggalkan garis putih samar-samar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *