Penyebab Penyakit Infeksi

Penyebab Penyakit Infeksi

Penyakit infeksi adalah kasus kebugaran yang disebabkan oleh organisme layaknya virus, bakteri, jamur, dan parasit. Meski lebih dari satu type organisme terkandung di tubuh dan tergolong tidak berbahaya, terhadap situasi tertentu, organisme-organisme selanjutnya mampu menyerang dan mengundang problem kesehatan, yang apalagi berpotensi menyebabkan kematian.

Jenis dan Penyebab Penyakit Infeksi
Infeksi mampu disebabkan oleh 4 organisme berbeda, yakni virus, bakteri, parasit, dan jamur. Masing-masing organisme mampu mengundang kasus kebugaran yang berbeda. Berikut adalah contoh penyakit berdasarkan organisme yang menyebabkannya:

Virus. Organisme ini menyerang sel di dalam tubuh. Human immunodeficiency virus (HIV) adalah salah satu contoh type virus yang menyebabkan penyakit HIV/AIDS.
Bakteri. Organisme ini mampu melewatkan racun penyebab penyakit. E. coli adalah salah satu contoh type bakteri yang menyebabkan infeksi saluran kemih.
Jamur. Dermatophytes adalah salah satu contoh type jamur yang termasuk menjadi penyebab kutu air. Jamur ini mampu berkembang biak bersama dengan cepat di lingkungan bersuhu hangat dan lembap.
Parasit. Parasit hidup bersama dengan terkait terhadap organisme lain. Plasmodium adalah salah satu contoh type parasit yang terkait hidup di nyamuk dan menjadi penyebab malaria.
Penyebaran organisme penyebab infeksi mampu berlangsung bersama dengan bermacam cara, baik secara kontak langsung, lewat hewan atau benda yang terkontaminasi. Diare, demam, dan badan merasa lemas adalah tanda-tanda umum penyakit infeksi. Jika mengalami tanda-tanda tersebut, dapat lebih baik untuk segera berkonsultasi bersama dengan dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *