Tips Kesehatan Untuk Mencegah Penyakit Kanker Payudara

Tips Kesehatan Untuk Mencegah Penyakit Kanker Payudara – Kanker payudara adalah penyakit yang berjalan kala sel-sel ganas kanker, terbentuk di jaringan payudara. Kanker payudara jadi keliru satu “musuh” terbesar wanita, yang pastinya terlampau ditakuti. Sebenarnya, apakah ada langkah mencegah kanker payudara, yang mampu dilaksanakan wanita?

Tips Kesehatan Untuk Mencegah Penyakit Kanker Payudara

Pencegahan kanker payudara, diawali dari type hidup yang sehat. Jika Anda mulai was-wasan dan khawatir, bakal risiko kanker payudara, sudah semestinya mencari sadar langkah mencegah kanker payudara.
Cara mencegah kanker payudara yang mampu dilaksanakan wanita

Apabila mempunyai keluarga yang mengidap kanker payudara, maka Anda juga berisiko diserang penyakit itu.
Maka dari itu, pahami dan ikutilah beberapa langkah mencegah kanker payudara, di bawah ini:
1. Deteksi dini

Cara mencegah kanker payudara yang pertama dan terlampau utama, ialah jalankan Pemeriksaan payudara sendiri (SADARI). Sebab, beberapa wanita yang mengidap kanker payudara, tidak merasakan adanya gejala.

Mulai dari jalankan kontrol sendiri, mengenai apakah ada perubahan, pada payudara Anda, kemudian menekuni medical check-up, sampai jalankan mamogram (tes gunakan sinar x-ray, untuk melihat anggota payudara), supaya kanker payudara, mampu dideteksi, sedini mungkin.
2. Hindari alkohol

Beberapa penelitian membuktikan, minuman beralkohol, seperti bir atau anggur merah, mampu meningkatkan memproduksi hormon penyebab kanker payudara, di dalam tubuh wanita. Konsumsi alkohol berisiko meningkatkan memproduksi hormon estrogen.

Perlu diketahui, berlebihan hormon estrogen di dalam tubuh, seringkali dikaitkan dengan pertumbuhan sel kanker payudara.

Selain itu, alkohol dianggap mampu merusak DNA di dalam sel-sel tubuh Anda, supaya risiko kanker payudara, meningkat.
3. Tidak merokok

Jika Anda bukan perokok, pertahankanlah. Namun, kalau Anda adalah wanita perokok aktif, segera hentikan kebiasaan buruk itu. Sebab, penelitian mendapatkan pertalian pada merokok, dan peningkatan risiko kanker payudara, pada wanita muda atau yang belum menopause.

Penelitian juga membuktikan, perokok pasif yang sering terpapar dengan asap rokok, juga mempunyai risiko tinggi diserang kanker payudara.

Maka dari itu, berhentilah merokok, sebelum terlambat!
4. Menjaga berat badan ideal

Memiliki berat badan berlebih atau obesitas, meningkatkan risiko kanker payudara. Terutama kalau obesitas, dialami oleh wanita yang sudah menopause.

Salah satu alasan obesitas mampu meningkatkan risiko kanker payudara adalah karena jaringan lemak berlebih, mampu meningkatkan memproduksi hormon estrogen di dalam tubuh wanita.

Tidak cuma itu, wanita dengan berat badan berlebih, condong mempunyai hormon insulin tinggi, di dalam tubuhnya. Sama seperti hormon estrogen, kalau hormon insulin Anda berlebih, maka risiko kanker, mampu meningkat.
5. Berolahraga secara teratur

Aktif secara fisik, dalam artian berolahraga secara teratur, mampu jadi langkah mencegah kanker payudara, yang penting. Sebab, berolahraga dan berkeringat, mampu menunjang Anda menjaga berat badan tubuh, yang ideal.
Wanita dewasa yang sehat, disarankan untuk menargetkan olahraga aerobik berintensitas sedang, sepanjang 150 menit, atau aerobik berintensitas tinggi, sepanjang 75 menit, dalam selagi satu minggu.
6. Menyusui

Sebagai seorang wanita, kala kelak mempunyai anak, Anda mungkin bakal menyusui Si Kecil setiap hari. Ternyata, menyusui mempunyai pengaruh yang kuat, pada pencegahan kanker payudara.

Sebuah penelitian dari American Institute for Cancer Research (AICR) dan World Cancer Research Fund (WCFR), perlihatkan bahwa menyusui, mampu menurunkan risiko diserang kanker payudara. Sebab, laktasi bakal tertunda, kala wanita mulai mengalami menstruasi lagi, sehabis melahirkan. Hal ini mampu menurunkan paparan hormon estrogen, di dalam tubuh Anda.

Selain itu, menyusui dianggap mampu sebabkan payudara, membebaskan banyak jaringan, juga sel-sel dengan DNA yang rusak. Risiko kanker payudara pun mampu menurun.
7. Kurangi dosis dan durasi terapi hormon

Terapi hormon yang berjalan 3-5 tahun, berpotensi meningkatkan risiko kanker payudara. Jika Anda tengah menekuni terapi hormon untuk menopause, tanyakan pada dokter, apakah Anda juga wanita yang berisiko atau tidak. Jika ya, cari solusi lain.

Jika Anda tetap mengidamkan menjalankan terapi hormon, sebisa mungkin, menurunkan dosisnya, dan senantiasa minta dokter untuk memonitor durasi terapi hormon.
8. Hindari paparan radiasi dan polusi lingkungan

Metode pencitraan, seperti sinar x-ray sampai magnetic resonance imaging (MRI) scan, gunakan radiasi yang memadai tinggi. Studi menyebutkan adanya pertalian pada metode pencitraan dengan risiko kanker payudara. Namun, studi lebih lanjut, tetap diperlukan untuk membuktikannya.

Selain itu, hindarilah polusi lingkungan, dengan gunakan masker, kala tengah berada di daerah yang terpapar polusi. Hal ini mampu jadi keliru satu langkah mencegah kanker payudara, yang vital.
Kenali pergantian pada payudara

Selain sadar ketujuh langkah mencegah kanker payudara, ada baiknya Anda mulai menyimak payudara, seperti “sahabat”.

Kenali perbedaan yang muncul, seperti adanya benjolan kecil atau pergantian pada kulit. Kemudian, berkonsultasilah dengan dokter. Walau hal-hal ini seringkali dianggap sepele, tapi dampaknya signifikan dalam mencegah kanker payudara.

Selain itu, ketahui juga beberapa tanda-tanda kanker payudara di bawah ini, sebagai antisipasi:

Menebalnya kulit di daerah payudara
Benjolan di payudara atau ketiak
Rasa sakit di ketiak atau payudara, yang tidak terbujuk siklus datang bulan
Kemerahan pada kulit payudara, menyerupai permukaan jeruk
Ruam di kurang lebih payudara, atau di keliru satu puting
Puting cekung atau terbalik
Perubahan ukuran atau wujud payudara
Kulit yang mengelupas di payudara atau puting

Pada umumnya, benjolan yang ada di payudara, bukanlah kanker. Namun, Anda juga perlu senantiasa waspada, dan jalankan diagnosis, dengan dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *