Vitamin Yang Berguna Untuk Ibu Menyusui

Vitamin Yang Berguna Untuk Ibu Menyusui – Masa-masa awal kelahiran bayi bisa sangat kuras fisik ibu. Untuk itu, Anda bisa mengonsumsi vitamin untuk ibu menyusui yang sekaligus bisa menopang menyehatkan bayi.

Vitamin Yang Berguna Untuk Ibu Menyusui

Vitamin ibu menyusui bisa termasuk berbentuk vitamin yang Anda minum sepanjang masa kehamilan. Namun tidak jarang, dokter termasuk meningkatkan jenis vitamin lainnya dikarenakan ibu menyusui sebetulnya membutuhkan beberapa vitamin khas, yang bisa menopang proses pemulihan pascapersalinan dan menopang ibu melindungi persediaan air susu ibu (ASI).
Jenis vitamin ibu menyusui yang baik untuk dikonsumsi

Ibu menyusui pada dasarnya kudu mengonsumsi makanan dengan kadar nutrisi yang berimbang, yakni makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak. Protein dan lemak bakal memicu mutu ASI Anda lebih baik yang ditandai lebih banyak mengandung hindmilk (bagian ASI yang nampak belakangan).

Sumber vitamin ibu menyusui yang sebaiknya dikonsumsi antara lain adalah:

Vitamin D

Menurut Pusat Pelayanan Kesehatan Inggris (NHS), vitamin D adalah jenis vitamin yang paling diperlukan oleh ibu menyusui. Salah satunya disebabkan oleh fungsi vitamin D dalam menopang penyerapan magnesium dan kalsium yang merupakan komponen penting bagi ibu menyusui.

Vitamin D bisa didapatkan dengan mudah, yakni hanya dengan berjemur. Selain itu, vitamin ibu menyusui ini termasuk terkandung pada beragam jenis ikan berlemak, layaknya salmon, sarden, dan makarel; daging merah; dan juga sereal yang terfortifikasi.

Vitamin K

Vitamin ibu menyusui ini bisa menopang mempercepat proses pemulihan sesudah persalinan dikarenakan bisa menopang menggumpalkan darah. Selain itu, vitamin K termasuk bisa meningkatkan kebugaran dan kepadatan tulang Anda.

Vitamin K gampang ditemukan di beragam sayuran, layaknya sayur berdaun hijau (bayam, kale, selada, dan lain-lain), brokoli, dan kol. Sedangkan pada daging hewan, vitamin K ditemukan pada ikan, organ hati, dan telur.

Biotin (vitamin B7)

Biotin terbukti bisa menopang mengembalikan fungsi metabolisme pada ibu menyusui sesudah melahirkan, khususnya dalam produksi lemak, asam amino, dan karbohidrat yang terkandung dalam tubuh. Selain itu, vitamin H termasuk berperan dalam melindungi kebugaran kulit dan rambut pada ibu menyusui.

Biotin bisa Anda dapatkan pada jeroan, telur, ikan, daging, biji-bijian, kacang-kacangan, dan ubi.

Vitamin C

Ibu menyusui kudu miliki suasana kebugaran yang sempurna waktu menyusui supaya tidak gampang sakit dikarenakan kelelahan. Inilah fungsi dari vitamin C yang bisa meningkatkan proses imun sekaligus mempercepat pemulihan pascapersalinan.

Anda mungkin udah mengenal buah jeruk sebagai sumber vitamin ibu menyusui yang satu ini. Selain jeruk, Anda termasuk bisa mendapatkan viitamin C dari buah jambu biji, kiwi, dan juga beberapa jenis sayuran, layaknya brokoli dan kale.

Vitamin B5 (asam pantotenat)

Vitamin untuk ibu menyusui yang satu ini umumnya diresepkan oleh dokter dalam wujud suplemen pada ibu yang melahirkan melalui operasi caesar. Vitamin B5 sebetulnya bisa mempercepat proses pengobatan dan pemulihan luka, termasuk luka bekas operasi.

Pada makanan, vitamin B5 terkandung pada jeroan, roti (makanan yang gunakan ragi), kuning telur, brokoli, kacang-kacangan, kerang, dan ayam. Selain itu, sumber vitamin B5 lainnya adalah susu (dan yogurt), polong-polongan, jamur, alpukat, dan juga ubi.

Sebelum mengonsumsi vitamin ibu menyusui di atas, sebaiknya Anda berkonsultasi khususnya dahulu dengan dokter kadar yang menanggulangi Anda. Beberapa ibu menyusui mungkin bisa mencukupi kebutuhan vitaminnya hanya dari makanan, tetapi tidak sedikit termasuk ibu yang kudu menambahkannya melalui asupan suplemen-suplemen tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *