5 Manfaat Kapulaga Bagi Kesehatan Tubuh

5 Manfaat Kapulaga Bagi Kesehatan Tubuh

Kapulaga menjadi keliru satu rempah yang memiliki rasa kuat dan sedikit manis. Tak heran terkecuali kapulaga banyak digunakan untuk bumbu masakan untuk meningkatkan cita rasa manis dan gurih.

Selain untuk bumbu masakan, kapulaga terhitung sanggup dijadikan sebagai obat. Biji, minyak, dan ekstraknya diakui memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh. Untuk itu, kapulaga udah digunakan sebagai obat tradisional sepanjang berabad-abad.
Bandar Taruhan
Di Indonesia, kapulaga memiliki dua jenis, yaitu kapulaga Jawa dan kapulaga India atau sabrang. Pada kapulaga Jawa, buahnya berupa bulat dan berwarna merah. Sementara terhadap kapulaga India, tekstur buahnya berserat, berupa lonjong dan berwarna hijau.

Nah, penasaran apa saja kegunaan kapulaga untuk kesehatan? Berikut ulasannya layaknya melansir berasal dari Health Line.

1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kapulaga memiliki antioksidan yang sanggup membantu turunkan tekanan darah tinggi. Sebuah belajar mengatakan, terkecuali mengkonsumsi 3 gram bubuk kapulaga tiap-tiap hari sanggup kurangi tekanan darah tinggi.

Anda sanggup mengkonsumsi kapulaga sebagai suplemen bersama dengan langkah dicampurkan ke dalam masakan.

2. Melindungi berasal dari Penyakit Kronis

Kapulaga ternyata memiliki kadar yang sanggup melawan peradangan. Peradangan sendiri sanggup berlangsung terkecuali tubuh terpapar zat asing. Pada peradangan jangka panjang maka akan memicu penyakit kronis.

Kandungan antioksidan dalam kapulaga sanggup memelihara sel berasal dari kerusakan. Antioksidan terhitung sanggup menghentikan peradangan. Sebuah belajar yang diuji coba terhadap tikus mengutarakan bahwa ekstrak kapulaga dalam dosis 50-100 mg sanggup menghindar empat senyawa inflamasi yang berbeda.

Selain itu, mengkonsumsi bubuk kapulaga terhitung sanggup turunkan peradangan hati. Meskipun penelitian anti-inflamasi kapulaga terhadap manusia tidak banyak, tapi terhadap penelitiannya memperlihatkan terdapat peningkatan antioksidan hingga 90% terkecuali kapulaga dikonsumsi sebagai suplemen.

3. Membantu Melawan Kanker

Kandungan senyawa dalam kapulaga dipercaya sanggup membantu melawan sel kanker. Sebuah belajar terhadap terhadap tabung reaksi memperlihatkan bahwa senyawa di dalam kapulaga sanggup menghentikan sel kanker mulut. Hal itu berfaedah sehingga sel kanker tidak berkembang biak.

Sedangkan penelitian terhadap tikus, bubuk kapulaga sanggup meningkatkan kegiatan enzim spesifik untuk melawan kanker. Selain itu, terhitung sanggup meningkatkan sel pembunuh alami untuk menyerang tumor. Namun penelitian terhadap manusia terlampau dibutuhkan sehingga memiliki klaim yang kuat.

4. Mencegah Gigi Berlubang dan Bau Mulut

Kapulaga dipercaya sanggup membuat sembuh bau mulut dan menghindar gigi berlubang. Pada sebagian budaya kuno, mengkonsumsi kapulaga setelah makan merupakan hal umum yang ditunaikan untuk menyegarkan napas.

Sebuah penelitian di tabung reaksi mengutarakan bahwa ekstrak kapulaga efisien melawan lima bakteri penyebab gigi berlubang, menghindar tumbuhnya bakteri dan kurangi jumlah bakteri terhadap air liur.

5. Melancarkan Pernapasan

Kapulaga dipercaya sanggup membantu meningkatkan pernapasan. Saat kapulaga berupa aromaterapi, maka akan beri tambahan bau yang menyegarkan. Kapulaga dipercaya sanggup membantu meningkatkan aliran udara ke paru-paru.

Terdapat sebuah belajar terhadap manusia untuk memperlihatkan kegunaan kapulaga dalam pernapasan. Mereka mencoba menghirup minyak esensial kapulaga sepanjang satu menit. Setelah itu, mereka berlangsung di atas treadmill sepanjang 15 menit. Hasilnya, mereka memiliki serapan oksigen lebih tinggi.

Berdasarkan manfaatnya, kapulaga sanggup membantu untuk membuat sembuh penyakit asma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *