Absence seizure( tegang absans) ialah tipe tegang dengan pertanda berbentuk melamun sepanjang sebagian detik dikala tegang terjalin. Tipe tegang ini diucap pula dengan sebutan tegang petit plaza.

Absence seizure sangat kerap ditemukan pada kanak- kanak, paling utama pada umur 4–14 tahun. Biasanya tegang terjalin dalam durasi yang amat pendek. Walaupun begitu, bisa kesekian berulang kali dalam satu hari. Ada permasalahan di mana pengidap hadapi tegang ini hi gga 10 kali dalam satu hari, terdapat pula yang mendapatinya sampai ratusan kali dalam satu hari. Sayangnya, sebab indikasinya cuma berbentuk melamun, situasi absence seizure kerap telanjur diketahui.

Tegang jenis absans ialah bagian dari penyakit ayan. Oleh sebab itu, observasi serta penyembuhan absence seizure amat berarti.

Penyakit Absence Seizure( Goldsithney atau Shutterstock)

Pemicu Absence Seizure

Absence seizure diakibatkan oleh terdapatnya kegiatan listrik yang tidak normal di otak. Pemicu Tidak normal kegiatan listrik sedang belum dikenal dengan nyata. Pemindahan genetik diprediksi pula jadi salah satu faktornya, tetapi gen mana yang hadapi pemindahan sedang dalam langkah riset lebih lanjut.

Tidak hanya aspek genetik, sebagian perihal yang bisa tingkatkan resiko terbentuknya tegang absans merupakan:

  • Kerutinan minum alkohol
  • Konsumen kokain
  • Dampak sisi obat semacam antibiotik penisilin takaran besar, INH takaran besar, serta obat tipe neuroleptik

Penaksiran Absence Seizure

Penyakit absence seizure kerap telanjur buat di nyatakan sebab indikasinya yang tidak khas. Dokter beranggapan terdapatnya penyakit ini apabila anak nampak hadapi adegan melamun sepanjang sebagian detik. Buat memastikannya, butuh dicoba pengecekan elektroensefalografi( EEG) buat memandang terdapatnya Tidak normal kegiatan listrik di otak.

Tidak hanya itu, buat membenarkan kalau tegang jenis absans diakibatkan oleh ayan serta bukan diakibatkan oleh penyakit yang lain, biasanya dicoba pengecekan darah, CT- scan ataupun MRI otak, serta pengecekan larutan otak lewat pungsi lumbal butuh dicoba.

Pertanda Absence Seizure

Pertanda penting absence seizure merupakan melamun yang terjalin sepanjang sebagian detik. Dikala itu, pengidapnya tidak dapat dibawa ucapan, tidak mengikuti, serta tidak dapat bercakap- cakap dengan orang lain.

Sering- kali tidak hanya melamun, pertanda tegang jenis absans pula diiringi dengan mulutnya mengecap- ngecap ataupun menggerak- gerakkan alis. Pada tipe tegang ini, lekas sehabis serbuan tegang selesai, pengidap langsung dapat beraktifitas semacam lazim lagi. Perihal ini menimbulkan absans kerap telanjur dikenal sebab semacam tidak hadapi kendala apa juga.

Penyembuhan Absence Seizure

Pengobatan penting buat menanggulangi absence seizure merupakan dengan komsumsi obat anti- epilepsi. Sebab dampak sampingnya yang lumayan bermacam- macam, obat ini cuma bisa diserahkan oleh dokter pakar saraf dengan kontrol yang kencang. Pengidap tegang jenis absans wajib senantiasa pengawasan dengan tertib ke dokter.

Terdapat banyak obat anti- epilepsi, tetapi yang sangat efisien buat menanggulangi ayan jenis absans merupakan ethosuximide serta asam valproat. Sampai dikala ini yang lebih gampang diterima di Indonesia merupakan asam valproat. Obat itu wajib diminum dalam durasi yang lama, biasanya diminum sepanjang paling tidak 2 tahun.

Lama komsumsi obat anti- epilepsi pada satu orang dapat berlainan dengan orang lain. Apabila sehabis komsumsi obat dalam waktu durasi khusus, tegang absans telah tidak timbul lagi, hingga dokter hendak merendahkan takaran obatnya dengan cara lama- lama. Tetapi apabila tegang absans sedang belum dapat dikendalikan dengan obat, hingga kerap kali takaran obat butuh ditambah, ataupun butuh dicoba campuran dengan obat lain.

Pengidap tegang absans dapat beraktifitas semacam lazim, Tetapi buat sebagian kegiatan, misalnya berenang, butuh diawasi dengan kencang sebab apabila terjalin absans dikala berenang, resiko karam dapat terjalin walaupun kemungkinannya kecil.

Penangkalan Absence Seizure

Bila seorang telah dikenal hadapi ayan jenis absence seizure, hingga serbuan tegang dapat dilindungi dengan metode:

  • Minum obat anti- epilepsi dengan tertib cocok imbauan dokter
  • Tidur lumayan 6–8 jam sehari
  • Mengatur tekanan pikiran dengan baik
  • Komsumsi santapan yang besar serat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *