Bengkak otak ialah sesuatu penyakit, di mana tercipta kantong bermuatan bisul pada bagian otak khusus. Penyakit ini biasanya timbul sehabis seorang mengidap peradangan dalam badannya serta bakteri pemicu peradangan itu menabur ke otak. Tidak hanya peradangan, musibah yang menyebabkan hantaman kepala pula berpotensi menimbulkan bengkak otak.

Bengkak otak ialah salah satu situasi berbahaya gawat dalam aspek saraf yang wajib lekas ditangani dengan maksimal sebab bisa mengecam nyawa pengidapnya.

Penaksiran Bengkak Otak

Determinasi penaksiran bengkak otak dicoba dengan tanya jawab kedokteran. Pada penderita dengan bengkak otak, biasanya mengalami riwayat penyakit khusus yang berpotensi menabur ke otak ataupun terdapatnya penyakit yang menimbulkan penyusutan system imunitas badan, misalnya HIV. Pada pengecekan raga diperoleh terdapatnya pertanda yang membidik pada keanehan di otak, misalnya kelemahan satu bagian badan ataupun kendala bicara.

Buat membenarkan bengkak otak, serangkaian pengecekan cagak hendak dicoba, semacam:

Pengecekan darah

Terdapatnya peradangan pada badan bisa dikenal dari hasil pengecekan darah

Computed Tomography( CT) Scan otak

CT scan otak merupakan metode pembayangan memakai cahaya X buat mengenali perinci di dalam otak.

Magnetic Resonance Imaging( MRI)

Tujuan MRI sesungguhnya serupa semacam CT- scan otak, tetapi tata cara ini tidak memakai cahaya X melainkan gelombang elektromagnetik.

CT- guided aspiration

Memakai bimbingan CT- scan, pengumpulan bisul di dalam bengkak dicoba buat pengecekan tipe bakteri di dasar kaca pembesar.

Pemicu Bengkak Otak

Bermacam situasi bisa melatarbelakangi terbentuknya bengkak otak, semacam:

Peradangan di dekat kepala semacam sinusitis, peradangan kuping ataupun gerong mulut yang menabur ke otak

Peradangan di bagian badan yang lain semacam peradangan di paru yang setelah itu menabur ke gerong kepala serta otak

Musibah yang mengaitkan hantaman kepala serta menimbulkan retakan tulang batok kepala. Bakteri serta jamur pemicu bengkak otak bisa masuk lewat retakan ini.

Pertanda Bengkak Otak

Pertanda bisa mencuat lekas sehabis terjadinya bengkak otak ataupun berjeda lumayan lama. Pertanda yang biasanya dirasakan mencakup:

  • Perih kepala hebat yang tidak berhenti dengan antinyeri biasa
  • Penyusutan kesadaran
  • Kelemahan satu bagian tubuh
  • Ucapan tidak nyata ataupun meracau
  • Meriang besar
    38oC
  • Kejang
  • Mual serta muntah
  • Leher kaku
  • Pandangan ganda

Pertanda yang dirasakan berbeda- beda antara satu pengidap dengan pengidap yang lain, tergantung pada bagian otak tempat bengkak terletak. Apabila bengkak terletak di pusat bicara di otak, hingga kendala ucapan yang jadi pertanda kuncinya.

Penyembuhan Bengkak Otak

Penyembuhan bengkak otak wajib dicoba dengan lekas. Bengkak otak yang tidak lekas tertangani berpotensi menimbulkan kendala peredarah darah dampak titik berat oleh massa bengkak. Tidak hanya itu, bengkak otak yang ukurannya besar pula beresiko rusak serta menyebabkan penyebaran bisul yang susah dikeluarkan.

Buat menyembuhkan bengkak otak, bermacam modalitas penyembuhan dicoba semacam:

Obat- obatan: antibiotik ataupun antijamur

Pembedahan pemindahan bisul, bagus lewat lubang kecil yang terbuat di batok kepala ataupun operasi besar tempurung kepala.

Komplikasi Bengkak Otak

Apabila tidak tertangani dengan maksimal, bengkak otak bisa berakhir pada bermacam komplikasi, semacam:

  • Kehancuran otak permanen
  • Tegang kesekian serta epilepsi
  • Meningitis ataupun radang epidermis otak
  • Bengkak berulang
  • Penangkalan Bengkak Otak

Bengkak otak bisa dilindungi dengan menjauhi bermacam aspek resikonya. Pada seorang dengan HIV misalnya, minum obat antiretroviral( ARV) dengan cara teratur serta menjauhi penjangkitan penyakit bisa jadi salah satu metode penangkalan bengkak otak.

Pada permasalahan guncangan kepala, pembedahan patah tulang ataupun retak tulang batok kepala bisa menolong menutup antara yang terjalin serta berpotensi dimasuki kuman serta jamur ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *