Alergi dingin umumnya terjalin pada anak muda yang beranjak berusia. Respon alergi ini hendak lenyap dengan sendirinya, tetapi bisa pula ditangani dengan obat antialergi apabila memanglah dirasa mengusik. Sehabis lenyap, respon alergi bisa timbul kembali bila pengidapnya terhampar temperatur dingin.

Buat menghindari timbulnya respon alergi, pengidap direkomendasikan buat menjauhi temperatur dingin. Alergi dingin umumnya bisa membaik keseluruhan sehabis sebagian tahun, tetapi dapat pula berdiam sama tua hidup.

Pertanda Alergi Dingin

Pertanda alergi dingin yang penting merupakan biduran. Biduran merupakan bentol- bentol pada kulit, yang bercorak kemerahan serta terasa mengerinyau. Dimensi bentol yang mencuat beraneka ragam, mulai dari selebar kacang hijau sampai selebar buah anggur.

Pertanda ini timbul pada kulit yang terserang temperatur dingin, dapat air ataupun hawa. Biduran lebih kerap timbul dampak paparan hawa yang basah serta dingin. Dikala temperatur kulit mulai menghangat, pertanda malah dapat memburuk. Biduran bisa berjalan sepanjang 2 jam, saat sebelum kesimpulannya lenyap sendiri.

Tidak hanya biduran, alergi dingin pula bisa memunculkan pembengkakan pada bagian badan yang memegang barang dingin, misalnya:

  • Pada tangan, dampak menggenggam barang dingin.
  • Pada bibir, sehabis komsumsi santapan ataupun minuman yang dingin.

Bila wajib ke dokter

Semacam sudah dituturkan tadinya, biduran dampak alergi dingin biasanya berjalan sepanjang 2 jam. Konsultasikan ke dokter apabila biduran tidak pulih sampai 2 hari. Tidak hanya itu, Kamu pula butuh bertanya dengan dokter apabila biduran terus menjadi membengkak serta timbul meriang.

Respon alergi yang akut dapat timbul apabila semua badan terhampar oleh temperatur dingin, misalnya dikala berenang di air dingin. Respon alergi berat yang diucap terguncang anafilaktik ini bisa mematikan nyawa. Lekas ke instalasi berbahaya gawat( IGD) apabila timbul pertanda berbentuk:

  • Wajah bengkak
  • Pemikiran gelap
  • Keringat dingin
  • Jantung berdebar
  • Ketat napas

Pemicu Alergi Dingin

Alergi dingin terjalin dikala kulit terhampar air dingin ataupun hawa dingin. Dikala terhampar temperatur dingin, badan pengidap hendak melepas zat kimia histamin, ialah zat kimia yang memunculkan respon alergi.

Belum dikenal kenapa hawa dingin dapat memunculkan respon alergi. Mempunyai kulit sensitif ialah salah satu aspek yang diprediksi bagaikan faktornya. Tidak hanya itu, terdapat sebagian aspek lain yang dapat tingkatkan resiko alergi dingin, ialah:

Usia

Kanak- kanak serta anak muda ialah golongan umur yang sangat kerap terserang alergi dingin, tetapi umumnya hendak membaik dengan sendirinya dalam durasi sebagian tahun.

Mengidap penyakit

Seorang yang terserang kanker ataupun hepatitis, dan terkini saja terserang peradangan, lebih beresiko hadapi alergi dingin.

Keturunan

Anak yang orang tuanya mengidap alergi dingin pula beresiko hadapi alergi dingin.

Penaksiran Alergi Dingin

Buat mengenali apakah biduran yang Kamu natural diakibatkan oleh alergi dingin, cobalah taruh es batu di kulit sepanjang 5 menit. Bila sehabis es batu dinaikan, timbul bentol merah pada kulit, mungkin besar Kamu mengidap alergi dingin.

Dianjurkan buat bertanya dengan dokter buat mengenali pemicu biduran yang dirasakan. Dokter hendak bertanya pertanda yang timbul, dan penyakit yang lagi ataupun sempat dialami, setelah itu dokter hendak melaksanakan pengecekan raga. Dokter pula bisa mengulangi uji dengan es batu buat membenarkan alergi dingin.

Bila berprasangka terdapatnya pemicu lain, dokter hendak melaksanakan pengecekan bonus buat memastikannya, misalnya uji darah ataupun uji air kemih. Tipe pengecekan yang dicoba terkait pada penyakit apa yang dicurigai oleh dokter.

Metode Menanggulangi Alergi Dingin

Alergi dingin bisa lenyap dengan sendirinya sehabis sebagian dikala. Tetapi bila pertanda dirasa mengusik, pengidap alergi dingin dapat meredakannya dengan komsumsi obat- obatan. Paling utama bila pengidap hadapi pertanda alergi yang sungguh- sungguh, semacam ketat nafas.

Penyembuhan penting alergi dingin merupakan dengan menjauhi pemicunya, ialah temperatur dingin. Tetapi bila wajib beraktifitas di temperatur dingin alhasil timbulnya respon alergi tidak dapat dijauhi, pengidap dapat memakai obat- obatan buat menyurutkan indikasinya.

Tidak hanya buat menyurutkan serta menanggulangi respon alergi, obat alergi dingin pula bisa menghindari respon alergi timbul kembali.

Obat yang bisa dipakai buat menyurutkan pertanda alergi dingin merupakan obat antihistamin. Obat antihistamin yang umumnya diserahkan buat menyurutkan pertanda alergi dingin merupakan cetirizine, loratadine, ataupun desloratadine.

Tidak hanya itu, ada obat antagonis H2 yang bisa menolong menyurutkan pertanda alergi dingin bila obat antihistamin lazim tidak ampuh. Ilustrasinya merupakan ranitidin, famotidine, serta cimetidine.

Tidak hanya antihistamin, obat- obatan lain yang pula bisa dipakai buat menyurutkan pertanda alergi dingin merupakan:

  • Kortikosteroid.
  • Capsaicin mengoles.
  • Omalizumab.
  • Obat agonis reseptor leukotriene, semacam zafirlukast serta monteluklast.

Bila pengidap alergi dingin hadapi terguncang anafilaktik, dokter hendak membagikan injeksi epinephrine.

Penangkalan Alergi Dingin

Walaupun pertanda alergi dingin bisa membaik dengan sendirinya serta bisa diredakan dengan obat- obatan, sebisa bisa jadi senantiasa jauhi paparan hawa dingin buat menghindari respon alergi.

Penangkalan alergi dingin bisa dicoba dengan sebagian metode selanjutnya ini:

  • Mencegah kulit dari paparan hawa, air, ataupun barang yang dingin.
  • Menjauhi mengkonsumsi santapan serta minuman dingin buat menghindari tenggorokan
  • Komsumsi obat cocok formula dokter.
  • Memberitahu dokter ataupun aparat kedokteran saat sebelum pembedahan, buat menghindari tampaknya respon alergi dingin di ruang pembedahan.
  • Bertanya dengan dokter hal butuh tidaknya komsumsi obat antihistamin, saat sebelum berjalan ke tempat yang cuacanya dingin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *