Bahaya dan Pertolongan Pertama Karena Gigitan Tikus – Cedera gigitan tikus sangat kerap terjalin di tangan ataupun wajah. Kanak- kanak berumur kurang dari 5 tahun lebih kerap hadapi peristiwa ini. Gigitan tikus umumnya terjalin di kamar tidur pada malam hari serta lebih kerap terjalin pada bulan- bulan dengan cuaca yang hangat, antara April sampai September.

Kenali Ancaman serta Bantuan Awal pada Cedera Gigitan Tikus

Apakah Cedera Gigitan Tikus Beresiko?

Perihal yang butuh diwaspadai dari cedera gigitan tikus merupakan terbentuknya peradangan. Peradangan yang beresiko ini diketahui bagaikan meriang gigitan tikus( rat bite fever). Peradangan ini

bisa terjalin dampak digigit tikus yang terkena, menggenggam tikus yang terkena, ataupun komsumsi santapan ataupun minuman yang terinfeksi kotoran tikus.

Meriang gigitan tikus menimbulkan timbulnya ruam yang datar ataupun sedikit muncul, bercorak merah ataupun ungu, dan sering- kali menyamai bedan. Terdapat 2 tipe meriang gigitan tikus, ialah meriang gigitan tikus streptobacillary( lebih kerap terjalin di Amerika Utara) serta meriang gigitan tikus spirillary( terjalin di Asia).

Pertanda dini meriang gigitan tikus serupa dengan pertanda dini penyakit peradangan yang lain. Tetapi, bersamaan bertumbuhnya peradangan, terdapat sebagian perbandingan pertanda meriang gigitan tikus streptobacillary dengan pertanda meriang gigitan tikus spirillary.

Pertanda gigitan tikus streptobacillary

Pertanda meriang gigitan tikus streptobacillary antara lain:

  • Demam
  • Muntah
  • Perih kepala
  • Perih otot
  • Perih ataupun bengkak sendi
  • Ruam

Pertanda umumnya timbul 3–10 hari sehabis digigit tikus, namun bisa timbul lebih lelet sampai 3 minggu setelah itu sehabis cedera gigitan tikus membaik. Dalam 2–4 hari sehabis meriang, bisa timbul ruam di tangan serta kaki. Ruam ini bercorak merah dengan benjolan kecil. Satu ataupun lebih persendian setelah itu jadi bengkak, merah, ataupun perih.

Pertanda meriang gigitan tikus spirillary

Pertanda yang timbul pada meriang gigitan tikus spirillary merupakan:

  • Meriang bisa jadi lenyap mencuat ataupun terjalin kesekian kali
  • Pembengkakan ataupun cedera gigitan berganti jadi borok
  • Pembengkakan kelenjar pulut bening
  • Ruam di semua badan ataupun cuma pada zona dekat cedera gigitan tikus
  • Pertanda meriang gigitan tikus spirillary umumnya timbul mulai 7–21 hari sehabis digigit tikus.

Apabila meriang gigitan tikus tidak diserahkan penindakan yang pas, bisa terjalin komplikasi berbentuk terjadinya bisul di gerong badan( tercantum gerong perut), peradangan pada batin, ginjal, paru, jantung, otak serta sistem saraf. Maksudnya, meriang gigitan tikus ini dapat amat beresiko serta bisa mengecam nyawa.

Bantuan Awal pada Cedera Gigitan Tikus

Saat sebelum mulai menyembuhkan cedera gigitan tikus, perihal awal yang butuh dicoba merupakan membenarkan diri Kamu telah nyaman dari tikus. Bila tikus yang mengerkah Kamu merupakan binatang piaraan serta pemiliknya terdapat di dekat Kamu, mintalah pemiliknya buat mengamankan tikus itu.

Buat mengamankan diri dari tikus, yakinkan Kamu tidak membuat tikus khawatir, karena tikus hendak mengerkah dikala merasa rawan.

Bantuan awal kepada cedera gigitan tikus merupakan bagaikan selanjutnya:

Pengawasan pendarahan dengan metode menekan cedera.

Mencuci serta bilas cedera dengan sabun serta air hangat.

Tutup cedera dengan pembalut yang bersih serta kering. Kamu pula dapat mengolesi cedera dengan salep antibiotik dari dokter saat sebelum membalutnya.

Bila hadapi luka pada jemari, lepaskan seluruh cincin dari jemari yang terluka buat menjauhi cincin tidak bisa dilepas apabila jemari membesar.

Apabila Kamu digigit oleh tikus, hendaknya lekas memeriksakan ke dokter. Perihal ini sebab sering- kali dokter butuh membagikan pengimunan tetanus. Cedera gigitan tikus di wajah serta tangan ialah posisi yang butuh pengecekan lebih lanjut sebab beresiko menimbulkan jaringan kukur serta tergangggunya pergerakan.

Kamu pula wajib lekas ke dokter bila timbul isyarat peradangan pada cedera gigitan tikus, misalnya meriang. Dokter bisa jadi hendak membagikan antibiotik, semacam amoxicillin, penicillin, erythromycin, ataupun doxycycline, buat menyembuhkan peradangan. Antibiotik ini bisa diserahkan sepanjang 7–10 hari.

Pada cedera gigitan tikus yang akut, dokter bisa jadi hendak membagikan antibiotik lewat injeksi. Apabila memanglah dibutuhkan, aksi operasi buat mensterilkan cedera yang terkena pula hendak dicoba oleh dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *