Tiap obat biasanya mempunyai dampak sisi, salah satunya merupakan mengakibatkan respon alergi. Pada orang yang mempunyai alergi obat, pertanda alergi dapat timbul dengan kilat dalam hitungan jam ataupun dengan cara lama- lama dalam durasi sebagian hari semenjak pemakaian obat.

Pertanda alergi yang timbul juga dapat beraneka ragam. Pada respon alergi obat enteng, pertanda yang timbul dapat berbentuk ruam serta mengerinyau pada kulit, pembengkakan pada bibir serta wajah, muntah, sakit perut, dan berak air.

Tetapi, respon alergi obat yang timbul sering- kali dapat akut serta memunculkan pertanda berat semacam ketat nafas, lesu, serta penyusutan pemahaman ataupun pingsan. Situasi ini diucap terguncang anafilaktik. Pada permasalahan khusus, respon alergi obat pula dapat memunculkan situasi yang diucap sindrom Stevens- Johnson.

Sebagian Metode Menanggulangi Alergi Obat

Terdapat sebagian metode yang dapat Kamu jalani buat menanggulangi respon alergi obat yang timbul, di antara lain:

1. Mengidentifikasi obat faktor alergi

Ini ialah salah satu tahap berarti buat menanggulangi alergi obat yang Kamu natural serta menghindari Kamu dari respon alergi yang bisa jadi timbul kembali di setelah itu hari.

Pada dasarnya, nyaris seluruh obat beresiko memunculkan respon alergi. Tetapi, terdapat sebagian tipe obat yang mengarah lebih kerap mengakibatkan respon alergi, antara lain:

  • Antibiotik, semacam penisilin serta sulfa
  • Obat antikejang ataupun antikonvulsan
  • Obat antinyeri ataupun obat kalangan antiinflamasi nonsteroid( NSAID), semacam aspirin, ibuprofen, asam mefenamat, serta metamizole
  • Obat- obatan antimalaria, semacam klorokuin
  • Obat- obatan kemoterapi
  • Obat bius ataupun anestesi
  • Obat asam pembuluh alopurinol

2. Mengakhiri pemakaian obat faktor alergi

Sehabis obat yang jadi faktor alergi dikenal, lekas hentikan konsumsi obat itu serta jauhi penggunaannya kembali di setelah itu hari.

Bila Kamu tidak percaya kepada obat apa yang jadi faktor alergi obat, cobalah buat mengenang serta menulis seluruh obat- obatan serta komplemen, tercantum penyembuhan herba, yang Kamu mengkonsumsi dalam waktu durasi 24–48 jam terakhir.

Sehabis itu, Kamu hendaknya bertanya ke dokter serta membawa memo itu supaya dokter bisa menolong mengenali obat mana yang mengakibatkan respon alergi di badan Kamu.

3. Melaksanakan pemeliharaan di rumah

Bila pertanda yang timbul terkategori enteng, Kamu dapat melaksanakan bermacam metode menanggulangi alergi obat, di antara lain dengan mandi air dingin, berikan kompres dingin ataupun mengoleskan losion calamine pada kulit ataupun zona badan yang terasa mengerinyau serta timbul ruam, dan mengkonsumsi obat antihistamin.

4. Komsumsi obat pereda alergi

Respon alergi enteng biasanya dapat mereda dengan sendirinya dalam durasi sebagian jam ataupun hari. Situasi ini pula umumnya bisa ditangani dengan penyembuhan di rumah.

Hendak namun, pertanda alergi obat yang timbul sering- kali dapat akut ataupun tidak menyambangi lenyap. Bila Kamu hadapi alergi obat yang begitu, Kamu butuh lekas ke dokter buat memperoleh penindakan.

Buat menanggulangi respon alergi obat yang akut, dokter bisa meresepkan obat- obatan selanjutnya ini:

Obat antihistamin

Kala hadapi respon alergi, badan Kamu hendak menciptakan zat faktor respon alergi yang dikenal histamin. Zat ini dapat timbul kala Kamu terhampar dengan zat faktor alergi, tercantum santapan, abu, sampai obat- obatan.

Buat menanggulangi respon alergi itu, dokter bisa meresepkan obat antihistamin. Obat ini kerap dipakai buat menanggulangi alergi enteng sampai lagi ataupun alergi yang memunculkan keluhkesah mengerinyau serta ruam kulit yang akut.

Obat kortikosteroid

Alergi obat bisa mengakibatkan terbentuknya peradangan serta pembengkakan di badan. Perihal ini dapat memunculkan pertanda berbentuk hidung tersendat, pilek, sampai ketat nafas. Tidak hanya itu, pembengkakan pula dapat terjalin di bagian badan lain, misalnya wajah, bibir, serta epidermis mata yang menimbulkan mata merah serta basah.

Buat menyurutkan peradangan yang terjalin dampak alergi obat, dokter bisa meresepkan obat kortikosteroid. Obat kortikosteroid ada dalam wujud obat minum, obat mengoles, obat tetes mata, sampai obat meminum ataupun inhaler.

Obat bronkodilator

Respon alergi obat dapat memunculkan ketat nafas. Pada pengidap sesak napas, respon alergi dapat mengakibatkan pertanda sesak napas kumat. Buat menanggulangi situasi itu, dokter bisa meresepkan obat bronkodilator.

Obat ini hendak menolong melebarkan saluran respirasi alhasil bernapas hendak jadi lebih gampang. Bronkodilator ada dalam wujud cair serta serbuk buat dipakai dalam inhaler ataupun nebulizer.

Injeksi epinephrine

Injeksi epinephrine biasanya dipakai buat menanggulangi respon alergi obat yang akut( anafilaksis). Anafilaksis diisyarati dengan pertanda lesu, kesemutan, ketat nafas, jantung berdegub cepat, serta pingsan.

Situasi ini butuh lekas ditangani sebab beresiko menimbulkan komplikasi yang akut serta apalagi kematian.

5. Pengobatan desensitisasi

Pengobatan ini bisa jadi hendak dicoba pula Kamu mempunyai alergi kepada obat- obatan khusus yang butuh disantap dalam waktu jauh. Pengobatan ini bermaksud buat kurangi resiko pertanda alergi kumat kembali di setelah itu hari.

Pengobatan desensitisasi dicoba dengan metode membagikan obat ataupun zat faktor alergi ke dalam badan dengan jumlah kecil, kemudian dosisnya ditingkatkan dengan cara berangsur- angsur sampai badan pengidap bisa memahami serta memaafkan obat itu.

Apabila Kamu mempunyai riwayat alergi obat, janganlah kurang ingat buat menulis tipe obat saja yang memunculkan respon alergi. Tujuannya supaya Kamu bisa berikan ketahui dokter ataupun aparat kesehatan hal riwayat alergi obat saat sebelum menempuh penindakan kedokteran apa juga.

Bila Kamu tidak mengenali obat- obatan apa saja yang bisa mengakibatkan respon alergi, Kamu dapat bertanya ke dokter buat menempuh pengecekan. Buat memastikan faktor alergi, dokter bisa jadi hendak menganjurkan Kamu buat menempuh uji alergi.

Dikala hadapi respon alergi obat, cobalah buat tidak belingsatan serta lekas hentikan seluruh obat- obatan yang Kamu mengkonsumsi. Bila pertanda yang timbul tidak menyambangi pulih, lekas ke dokter supaya penindakan bisa dicoba dengan cara kilat serta pas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *