Meriang merupakan kenaikan temperatur badan sedangkan dalam menjawab penyakit ataupun rasa sakit. Bersumber pada Harvard Medical School, situasi ini ialah metode badan yang sangat efisien dalam mengalami peradangan.

Temperatur badan kita tidak senantiasa serupa sejauh hari. Pada umumnya, temperatur badan terletak di nilai 37℃. Tetapi, umumnya lebih besar di petang hari ataupun sehabis makan ataupun olahraga.

Bila temperatur badan Kamu lebih besar dari 38℃, hingga Kamu hadapi meriang. Situasi ini umumnya terjalin dalam menjawab peradangan semacam virus flu ataupun peradangan kuman radang kerongkongan, ataupun peradangan yang terjalin pada luka ataupun sebab penyakit.

Kehancuran otak dampak situasi ini umumnya tidak terjalin, melainkan temperatur badan menggapai 42℃. Situasi tidak terobati yang diakibatkan oleh peradangan tidak sering menggapai lebih dari 40℃, melainkan Kamu berpakaian kelewatan ataupun terletak di tempat yang panas.

Tegang dampak situasi ini memanglah terjalin pada sebagian anak. Mayoritas hendak selesai dengan kilat tidak menimbulkan kehancuran permanen.

Meriang yang tidak bisa dipaparkan yang berjalan sepanjang berhari- hari ataupun berminggu- minggu diucap fevers of undetermined origin( FUO) ataupun meriang yang tidak didetetapkan faktornya.

Seberapa umumkah situasi ini?

Meriang pada orang berusia biasa terjalin. Situasi ini dikira bagaikan bagian berarti dari pertahanan badan kepada peradangan. Situasi ini umumnya lebih banyak terjalin pada wanita dibanding pria. Siapapun dapat hadapi meriang dalam hidup mereka.

Tetapi, kala temperatur naik sangat besar, dapat beresiko serta menimbulkan penyakit sungguh- sungguh. Situasi pada kanak- kanak butuh dikira sungguh- sungguh.

Situasi ini bisa diatur dengan kurangi aspek resiko. silakan bicarakan dengan dokter Kamu buat data lebih lanjut.

Gejala

Apa saja pertanda meriang?

Kamu hadapi meriang kala temperatur badan Kamu bertambah dari temperatur wajar. Bersumber pada faktornya, pertanda yang biasa dari situasi ini merupakan:

Merasa dingin ketika

orang lain tidak merasa dingin

Menggigil

Kulit Kamu terasa panas bila disentuh

Sakit kepala

Kehabisan hasrat makan

Dehidrasi

Depresi

Susah konsentrasi

Kantuk

Berkeringat

Kanak- kanak berumur di antara 6 bulan sampai 5 tahun bisa jadi merasakan tegang. Dekat sepertiga dari kanak- kanak yang sempat hadapi tegang hendak mendapatinya kembali, sangat biasa dalam 12 bulan ke depan.

Mungkin terdapat tanda-­tanda serta pertanda yang tidak dituturkan di atas. Apabila Kamu mempunyai kebingungan hendak suatu pertanda khusus, konsultasikanlah dengan dokter Kamu.

Bila aku wajib cek ke dokter?

Meriang umumnya bukan tanda- tanda kondisi gawat ataupun membuat Kamu wajib bertamu dokter. Tetapi, terdapat sebagian estimasi yang butuh Kamu pikirkan saat sebelum menyudahi bertamu dokter.

Bayi

Meriang yang tidak bisa dipaparkan menimbulkan kebingungan yang lebih pada anak dari berusia. Mendatangi dokter bila anak Kamu hadapi keadaan di dasar ini:

Lebih belia dari 3 bulan serta mempunyai temperatur badan 38℃ yang diukur lewat anus.

Berumur di antara 3 hingga 6 bulan serta mempunyai temperatur badan sampai 38, 9℃ yang diukur lewat anus, banyak bicara, nampak layu ataupun tidak aman.

Berumur di antara 6 bulan hingga 24 bulan serta mempunyai temperatur badan lebih besar dari 38, 9℃ yang bertahan lebih dari satu hari tanpa membuktikan pertanda lain.

Anak Kamu membuktikan pertanda lain, semacam flu, batu berdahak, berak air.

Anak- anak

Bisa jadi Kamu tidak butuh takut kala anak Kamu meriang, tetapi senantiasa responsif, menjawab mimik muka serta suara Kamu, serta minum air banyak dan sedang main.

Lekas mendatangi dokter bila anak Kamu hadapi keadaan di dasar ini:

Layu ataupun banyak bicara, muntah kesekian kali, sakit kepala akut ataupun sakit perut, ataupun mempunyai pertanda lain yang menimbulkan ketidaknyamanan akut.

Meriang sehabis ditinggal di dalam mobil yang panas. Lekas cari bantuan kedokteran.

Meriang sepanjang lebih dari 3 hari.

Nampak layu serta tidak responsif.

Pertanyaan dokter anak Kamu mengenai penindakan dalam kondisi spesial, semacam anak dengan permasalahan sistem imunitas badan ataupun dengan penyakit yang telah terdapat tadinya.

Orang dewasa

Kamu wajib bertamu dokter Kamu bila Kamu mempunyai salah satu dari pertanda selanjutnya:

Meriang lebih dari 40 bagian serta tidak bisa diatasi dengan obat yang tersebar di pasaran

Meriang yang berjalan sepanjang lebih dari 48 hingga 72 jam

Terdapatnya penyakit kedokteran sungguh- sungguh semacam permasalahan jantung, diabet, ataupun cystic fibrosis

Ruam ataupun memar

Pertanda lain semacam sakit kerongkongan, sakit kepala, ataupun batuk

Bila Kamu mempunyai isyarat ataupun pertanda yang tertera di atas ataupun mempunyai persoalan, silakan bertanya dengan dokter Kamu.

Badan masing­- masing orang berlainan. Senantiasa konsultasikan ke dokter buat menanggulangi situasi kesehatan Kamu.

Penyebab

Apa pemicu meriang?

Situasi ini timbul kala sesuatu zona di otak yang diucap hipotalamus menggeser temperatur badan ke atas. Kala ini terjalin, Kamu bisa jadi hendak merasa kesejukan serta menaikkan susunan pada pakaian Kamu ataupun melapis diri di dasar selimut. Perihal ini menciptakan temperatur badan yang besar.

Meriang merupakan respon badan yang biasa sebab peradangan ataupun penyakit. Meriang umumnya diakibatkan oleh:

Peradangan semacam flu, sakit kerongkongan, cacar air ataupun pneumonia

Peradangan pada tulang( osteomielitis), radang usus tersumbat, peradangan kulit ataupun selulitis, serta meningitis

Dampak sisi dari sebagian obat

Paparan cahaya mentari berlebihan

Stroke panas

Penyakit rheumatoid, penyakit parah yang menimbulkan pembengkakan serta perih pada sendi, jaringan di dekat sendi serta alat lain dalam badan manusia

Keracunan makanan

Kendala hormon semacam penyakit tiroid yang sangat aktif

Berkembang gigi pada anak serta kanak- kanak kecil.

Meriang pula dapat ialah pertanda dini kanker. Ini paling utama legal buat penyakit Hodgkin, limfoma non- Hodgkin, serta kanker darah.

Pemicu lain

Terdapat sebagian pemicu lain yang bisa jadi menimbulkan temperatur badan naik, ialah:

Daur haid pada perempuan. Pada langkah kedua dari siklusnya, temperatur badan seseorang perempuan dapat naik 1 bagian ataupun lebih.

Kegiatan raga, marah kokoh, santapan, busana berat, temperatur ruangan sangat besar serta humiditas besar pula bisa tingkatkan temperatur badan.

Apa yang tingkatkan resiko aku terserang meriang?

Terdapat banyak aspek resiko buat meriang, semacam:

Umur

Kanak- kanak lebih beresiko hadapi meriang sebab sistem imunitas badan mereka lemas. Umumnya, kanak- kanak prasekolah serta SD bisa hadapi 10 pilek per tahun dengan pertanda yang sangat biasa ialah temperatur badan bertambah.

Kontak

Kontak dengan orang yang sakit hendak tingkatkan resiko Kamu memperoleh peradangan serta meriang. Dokter senantiasa menganjurkan buat melindungi jarak dengan orang yang terserang situasi ini biar Kamu tidak terjangkit.

Janganlah melaksanakan kontak langsung dengan orang dengan situasi ini sebab hendak tingkatkan resiko Kamu terserang situasi yang serupa. Dalam sebagian permasalahan, orang hendak sakit lebih akut sehabis melaksanakan kontak dengan orang yang terkena.

Santapan serta air

Air yang terinfeksi serta santapan yang tidak bersih dapat tingkatkan resiko terserang peradangan serta meriang. Bila Kamu dengan gampang terjangkit meriang kala mendatangi tempat terkini, itu bisa jadi sebab badan Kamu tidak lumayan kokoh buat menyesuaikan diri dengan pergantian.

Kamu hendaknya bawa santapan serta minuman Kamu sendiri buat menghindari santapan tidak segar dari luar rumah. Perihal ini dapat menimbulkan komplikasi kesehatan pada badan Kamu.

Sistem imunitas badan yang lemah

Orang dengan sistem imunitas badan yang lemas( melemah sebab penyembuhan ataupun penyakit, semacam HIV atau AIDS) memiliki resiko besar kepada peradangan serta meriang.

Bila Kamu rentan terkena meriang serta hadapi pergantian temperatur badan sepanjang pergantian masa, Kamu bisa jadi mempunyai imunitas badan yang lemas.

Jika telah demikian ini, Kamu wajib ekstra hati- hati dengan kesehatan Kamu. Mengkonsumsi santapan yang bisa tingkatkan kekebalan, semacam buah- buahan kering, kacang- kacangan, serta biji- bijian.

Komplikasi

Komplikasi apa yang bisa jadi terjalin pada situasi ini?

Kanak- kanak di antara umur 6 bulan sampai 5 tahun bisa jadi hadapi meriang diiringi kehabisan pemahaman serta tegang di kedua bagian badan.

Walaupun membuat orangtua takut, beberapa besar tegang meriang tidak bertahan lama. Bila anak Kamu tegang, jalani ini:

Baringkan anak Kamu di sisi ataupun perutnya di lantai.

Jauhkan subjek runcing apapun di dekat anak Kamu.

Kendurkan busana kencang.

Proteksi anak Kamu dari luka.

Janganlah taruh apapun di mulut anak Kamu ataupun melaksanakan metode lain buat mengakhiri tegang.

Beberapa besar tegang menyudahi dengan sendirinya. Bawalah anak Kamu ke dokter secepatnya sehabis tegang diprediksi jadi pemicu meriang.

Mendatangi regu kedokteran bila tegang bertahan lebih dari 5 menit.

Diagnosis

Gimana meriang di nyatakan?

Mendiagnosis situasi ini lumayan gampang, temperatur penderita diukur oleh termometer. Seorang mempunyai meriang bila:

Temperatur di mulut lebih 37. 7℃

Temperatur di rektum( anus) lebih dari 37, 5– 38℃

Temperatur di dasar tangan ataupun di dalam kuping merupakan lebih dari 37, 2℃

Yakinkan buat mengukur temperatur seorang dikala mereka istirahat, sebab kegiatan raga bisa pula menghangatkan badan.

Buat menolong memastikan pemicu di balik situasi Kamu, dokter hendak bertanya sebagian persoalan di dasar ini:

Pertanda lain semacam batu berdahak, sakit perut, muntah, berak air, ataupun sakit kala campakkan air kecil

Pembedahan ataupun luka terkini

Vaksinasi terkini

Obat- obatan yang terkini Kamu konsumsi

Ekspedisi terbaru, terlebih ekspedisi ke luar negara.

Pengobatan

Data yang diserahkan tidaklah pengganti anjuran kedokteran. Senantiasa bertanya dengan dokter Kamu buat data lebih lanjut.

Gimana meriang diatasi?

Penyembuhan buat meriang bisa bermacam- macam, terkait pada faktornya. Selanjutnya obat- obatan buat menanggulangi situasi itu:

Penyembuhan pada bayi

Anak berumur kurang dari 28 hari bisa jadi butuh dibawa ke rumah sakit buat melaksanakan pengecekan serta pemeliharaan. Pada anak sama tua ini, meriang dapat jadi gejala peradangan sungguh- sungguh yang membutuhkan penyembuhan intravenous( IV) serta kontrol sejauh durasi.

Penyembuhan buat kanak- kanak serta orang dewasa

Buat meriang yang diakibatkan oleh peradangan kuman, semacam radang kerongkongan, dokter bisa jadi meresepkan antibiotik.

Buat meriang yang diakibatkan oleh peradangan virus, semacam flu, obat non- steroid anti- inflamasi, semacam Tylenol( Paracetamol) ataupun naproxen( Aleve), bisa menolong memudahkan sebagian pertanda yang membuat Kamu tidak aman.

Apabila Kamu mempunyai meriang, Kamu mengarah berkeringat lebih banyak. Oleh sebab itu, konsumsi larutan amat berarti buat menghindari kehilangan cairan tubuh.

Walaupun obat yang tersebar di pasaran amat biasa serta bermanfaat, tetapi obat ini tidak mempunyai dampak dalam menyembuhkan penyakit yang diakibatkan oleh cuaca panas ataupun berolahraga berlebihan.

Bila Kamu hadapi heat stroke( serbuan panas kelewatan dampak cahaya mentari), periksalah ke dokter lekas.

Kanak- kanak serta anak muda tidak bisa memakai aspirin sebab pemakaian aspirin yang sangat banyak terpaut dengan sindrom Reye.

Apa saja pergantian style hidup ataupun penyembuhan rumahan

yang bisa menolong aku mengatur meriang?

Terdapat banyak perihal simpel yang dapat Kamu jalani buat menanggulangi situasi ini, ialah:

Janganlah melingkari seorang yang kesejukan dengan selimut

Jauhkan pakaian yang kelewatan ataupun selimut. Mengadakan atmosfer ruangan yang aman, tidak sangat panas ataupun dingin. Pakai satu limpit busana serta satu limpit selimut buat tidur.

Mandi air hangat bisa menolong menanggulangi seorang yang meriang. Metode ini efisien sehabis obat diserahkan.

Janganlah mandi air dingin ataupun kompres es ataupun alkohol. Ini dapat menyejukkan kulit, tetapi acapkali membuat kondisi terus menjadi akut.

Seluruh orang, spesialnya kanak- kanak, wajib minum banyak larutan. Air, sup, serta gelatin merupakan opsi yang bagus.

Janganlah bagikan sangat banyak juice buah pada anak kecil.

Walaupun makan merupakan perihal bagus, janganlah sangat komsumsi sangat banyak jatah.

Pencegahan

Gimana metode menghindari situasi ini buat aku serta anak aku?

Kamu bisa jadi dapat menghindari meriang dengan kurangi resiko Kamu kepada penyakit peradangan. Metode selanjutnya ini bisa jadi dapat menolong:

Mencuci tangan Kamu dengan kerap serta ajarkan anak Kamu buat melaksanakan perihal yang serupa, paling utama saat sebelum serta setelah makan, dan saat sebelum serta setelah campakkan air kecil ataupun campakkan air besar.

Tunjukkan metode membersihkan tangan yang betul pada anak Kamu.

Senantiasa membawa hand sanitizer buat mensterilkan tangan Kamu bila tidak terdapat sabun.

Jauhi memegang hidup, mulut, serta mata Kamu sebab dari sanalah virus serta kuman dapat masuk ke badan serta membuat Kamu terserang peradangan.

Tutup mulut Kamu kala batu berdahak ataupun bersin. Ajarkan anak Kamu buat melaksanakan perihal yang serupa. Bila membolehkan, palingkan wajah dari orang yang batu berdahak ataupun bersin.

Jauhi memberi cawan, botol, ataupun perlengkapan makan yang lain dengan anak Kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *