Bila Kamu sempat hadapi kuku cantengan, Kamu tentu mengerti betul semacam apa rasa sakitnya. Cantengan pula buat rendah diri sebab kuku yang berkembang ke dalam dapat nampak seram. Kadangkala, kulit kaki itu sendiri bisa menutupi bagian tepi kuku, yang menimbulkan kuku jadi tertancap di kulit.

Pemicu cantengan ataupun ingrown nail terdapat banyak tipe. Abreviasi memotong kuku bisa menimbulkan kuku berkembang ke dalam kulit. Sepatu yang kekecilan bisa menimbulkan kuku terhimpit ke dalam serta lama kelamaan jadi cantengan. Jempol kaki yang kejedot pintu kusen ataupun kaki meja pula bisa menimbulkan kuku patah serta kesimpulannya berkembang ke dalam. Tetapi mengapa kuku dapat berkembang ke dalam?

Semacam apa cara perkembangan kuku?

Tiap kuku pada mulanya berkembang dari suatu kantung kecil di dasar kulit akar kuku yang diucap matriks. Matriks kuku bekerja memproduksi sel kuku terkini tanpa henti. Sel- sel kuku ini setelah itu mendesak golongan sel kuku lama pergi dari kulit. Kuku di atas punggung jari yang dapat Kamu amati serta sentuh dikala ini merupakan sel kuku yang telah mati.

Kuku lalu berkembang dengan kecekatan 0, 1 milimeter per hari ataupun 3 milimeter dalam satu bulan. Laju perkembangan kuku dipengaruhi oleh beberapa aktivitas raga serta area. Misalnya, sepanjang siang hari serta di masa panas, kuku berkembang lebih kilat dari dikala malam ataupun di masa dingin. Kuku pula berkembang lebih kilat di tangan kanan Kamu bila Kamu bertangan kanan, serta lebih kilat di tangan kiri Kamu bila Kamu kiri. Kuku berkembang lebih kilat pada laki- laki serta banyak orang yang lebih belia dari perempuan serta orang berumur.

Meriang serta penyakit sungguh- sungguh melambatkan laju perkembangan kuku. Guncangan enteng semacam kerutinan mengerkah kuku memicu perkembangan kuku, sedangkan keterbatasan raga ataupun vitamin kurang baik melambatkan perkembangan kuku.

Mengapa kuku dapat cantengan?

Perkembangan kuku ialah cara yang lumayan lemah— tanpa henti menyamakan antara tekanan pikiran yang diperoleh oleh kuku serta usaha menjaga supaya kuku senantiasa melekat di dasar kuku. Kuku yang berkembang sangat kilat ataupun lelet bisa mencampuradukkan penyeimbang ini alhasil mengganti kurvatur kuku pergi dari ceruk kuku.

Akhir pinggiran kuku yang runcing bisa bertumbuh pergi ceruk kuku yang sebaiknya serta jadi terdorong masuk menekan kulit, alhasil menimbulkan ingrown nail. Kuku jari tangan berkembang amat lelet, tetapi pola perkembangan kuku kaki Kamu lebih lelet lagi. Ini penyebabnya kuku kaki lebih rentan hadapi cantengan.

Pada awal mulanya, kulit di dekat kuku cantengan bisa jadi terasa lunak, bengkak, ataupun membeku. Tetapi bila lalu didiamkan, titik berat besar dari konsumsi kaki berkepanjangan, kuku kaki yang berkembang ke dalam bisa mencabik kulit sampai ke dalam gelimir( susunan kulit tengah). Kuman bisa masuk lewat cedera ini dan

setelah itu menimbulkan peradangan, perih serta peradangan. Cantengan pula bisa jadi berdarah ataupun menghasilkan bisul.

Gimana metode menyembuhkan kuku cantengan?

Kuku cantengan yang didiamkan terkena bisa jadi permasalahan kambuhan serta menimbulkan komplikasi sungguh- sungguh, semacam permasalahan tulang.

Bila kuku yang berkembang ke dalam tidak terkena, Kamu bisa berupaya sebagian penyembuhan di rumah buat meminimalisir rasa sakitnya serta menghindari ingrown nail berkembang kembali. Selanjutnya merupakan sebagian ilham penyembuhan rumahan buat kuku cantengan:

  • Rendam dalam air garam hangat sepanjang 15 menit buat 3- 4 kali satu hari. Sedangkan direndam, Kamu dapat memakai cotton bud buat lama- lama mendesak kulit supaya menghindari kuku. Air hangat pula bisa memudahkan rasa sakit serta pembengkakan dampak cantengan. Keringkan kaki dengan bagus setelahnya.
  • Piket kaki senantiasa bersih serta kering sepanjang beraktifitas melainkan dikala menggenangi.
  • Minum obat penghilang perih, misalnya paracetamol ataupun ibuprofen.
  • Balurkan salep antibiotik buat kurangi resiko peradangan.
  • Ikat jemari yang cantengan dengan pembalut kasa serta gunakan alas sepanjang beraktifitas. Ataupun, gunakan sepatu yang dibuat dari kain lembut dengan jarak dampingi jemari yang besar. Jauhi mengenakan sepatu kencang.
  • Bila pertanda tidak berangsur membaik ataupun bila cantengan terlanjur terkena, janganlah berupaya menyembuhkan cantengan sendiri. Cantengan yang terkena butuh ditilik oleh podiatris, pakar penyakit kaki.

Dokter bisa jadi meresepkan antibiotik serta atau ataupun mengangkut beberapa kuku yang tertancap ke dalam kulit dan bantalan kuku yang mendasarinya buat menghindari permasalahan tiba kembali. Ketika kuku berkembang balik, dokter bisa menaruh sebagian kapas lebut di dasar kuku buat menghindari kuku kembali berkembang pergi rute. Berarti buat senantiasa tertib mengubah kapas tiap hari.

Bila peradangan senantiasa membandel, dokter bisa mengusulkan penaikan beberapa kuku melalui pembedahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *