Lewat GAVI-COVAX, Menkes Harap Dapat Akses 108 Juta Dosis Vaksin COVID-19 Gratis

Indonesia secara formal di tandatangani formulir vaksin GAVI-COVAX Facility. Hal ini sebagai upaya memperoleh akses ke vaksin COVID-19 secara gratis.

Penandatanganan formulir selanjutnya dikerjakan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin bersama bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pada Kamis (7/1/2021).

Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa penandatanganan form B COVAX Facility merupakan perihal perlu agar Indonesia dapat membuka ke maksimal 108 juta dosis vaksin COVID-19 gratis berasal dari GAVI.

“Kita udah punya komitmen yang tentu 125 juta dosis berasal dari Sinovac, 50 juta dosis berasal dari AstraZeneca, 50 juta dosis berasal dari Novavax,” kata Budi Gunadi didalam keterangan persnya yang disiarkan secara virtual.

Budi melanjutkan, total terdapat 255 juta dosis vaksin COVID-19 yang udah tentu didapatkan Indonesia.

“Dengan ada potensi berasal dari Pfizer yang insyaAllah didalam waktu dekat kita dapat isyarat tangani, dan termasuk ada potensi 108 juta dosis berasal dari GAVI ini, insyaAllah akan lumayan kuantitas vaksin bagi 181 juta rakyat Indonesia,” kata Budi.

Selain itu, Budi termasuk mengungkapkan bahwa vaksin berasal dari GAVI sifatnya adalah gratis, agar pemerintah Indonesia tidak perlu mengeluarkan ongkos untuk pengadaannya.

“Bila seluruh proses pengadaan vaksin udah selesai, kita berasal dari Kementerian Kesehatan dapat konsentrasi ke logistik berasal dari vaksin dan termasuk jaman vaksinasinya sendiri,” ujarnya.

Menkeu Sri Mulyani menghendaki agar bersama ditandatanganinya formulir selanjutnya ada kepastian bagi Indonesia untuk membuka keliru satu sumber vaksin berasal dari COVAX dan GAVI.

“Saya menghendaki bersama ketersediaan ini termasuk memberi tambahan penduduk tambahan pilihan dan termasuk ketenangan dan juga kekuatan untuk tetap tingkatkan kita seluruh di didalam menjalankan tekun kesehatan sambil berikthiar untuk melacak penyembuhan didalam wujud vaksinasi,” lanjut Sri Mulyani.

Sekretaris Jenderal Kemenkes Oscar Primadi mengatakan bahwa formulir B vaksin GAVI COVAX Facility yang ditandatangani melengkapi konfirmasi keikutsertaan Indonesia didalam skema COVAX Facility.

Sebelumnya, formulir anggota A perihal teknis terkait bersama Info umum, rancangan tujuan vaksinasi, ongkos sharing, pembawaan vaksin, aturan perihal safety dan preparedness, dan juga kapasitas dan logistik rantai dingin, udah ditanda tangani oleh Menkes RI pada 7 Desember 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *