Manfaat Temu Ireng Untuk Kesehatan

Manfaat Temu Ireng Untuk Kesehatan – Bagi orangtua yang mempunyai anak yang kesulitan makan, temu ireng kemungkinan bukan tanaman yang aneh di telinga. Pasalnya, keliru satu faedah temu ireng yang paling tersohor di Indonesia sebetulnya dijadikan jamu cekok untuk tingkatkan nafsu makan anak.

Manfaat Temu Ireng Untuk Kesehatan

Seperti namanya, IDN Poker Online temu ireng (Curcuma aeruginosa Roxb.) merupakan tanaman temu-temuan yang mempunyai rimpang berwarna gelap atau kehitaman. Ia merupakan tumbuhan semak yang tingginya dapat hingga 2 meter, mempunyai batang berwarna hijau dan agak lunak karena merupakan batang semu yang tersusun atas kumpulan pelepah daun.

Temu ireng tumbuh subur di Tanah Air. Di Sumatera, temu ireng dikenal bersama nama temu erang, di Sunda dikenal bersama nama koneng hideung, temu ereng (Madura), temu leteng (Makasar), maupun temu lotong (Bugis).
Kandungan dan faedah temu ireng untuk kesehatan

Pemanfaatan temu ireng sebagai jamu atau obat tradisional khas Indonesia bukan kembali rahasia. Penelitian telah mengungkap bahwa mereka kaya akan flavonoid yang berguna sebagai antioksidan dan antimikroba.

Selain itu, tanaman rimpang yang satu ini terhitung mengandung minyak atsiri (turmerone dan zingiberene) sebanyak 2 persen. Meski rimpangnya berwarna hitam, temu ireng terhitung mengandung zat pewarna kuning dengan sebutan lain kurkuminoid, yakni kurkumin 62 persen dan desmetoksikurkumin 38 persen.

Temu ireng terhitung terbukti mengandung alkaloid, saponin, pati, damar atau getah, dan lemak. Berdasarkan kandungan-kandungan tersebut, selanjutnya faedah temu ireng untuk kebugaran Anda:

Detoksifikasi

Manfaat temu ireng yang dipercaya oleh penduduk Indonesia adalah sebagai detoksifikasi dengan sebutan lain mengeluarkan racun berasal dari di dalam tubuh. Hal inilah yang mendasari penggunaan temu hitam sebagai keliru satu komposisi di dalam jamu pelancar haid maupun pelancar nifas untuk ibu sehabis melahirkan.

Menyehatkan saluran pencernaan

Sehatnya saluran cerna inilah yang dipercaya dapat menyebabkan nafsu makan anak meningkat. Banyak penduduk yakin bahwa faedah temu ireng benar-benar baik untuk menyingkirkan kolik dan menyingkirkan cacingan yang merubah kebugaran pencernaan.

Antimikroba

Kandungan minyat atsiri pada temu ireng menyebabkan mereka mempunyai pembawaan antimikroba pada bakteri gram positif, yakni Staphylococcus aureus dan Escherecia coli. Bakteri S. aureus dapat menyebabkan penyakit kulit, layaknya melepuh dan impetigo, sedang E. coli merupakan bakteri penyebab timbulnya diare hingga infeksi saluran kemih.

Mengobati batuk, asma, dan reumatik

Manfaat temu ireng lainnya adalah menyembuhkan asma, batuk, reumatik, hingga obesitas. Hal ini didapat berasal dari pembawaan rimpang temu hitam yang berbentuk anthelmintik dan depuratif.

Menyehatkan kulit

Jamu temu ireng dipercayai mempunyai khasiat sebagai penghilang gatal-gatal maupun bentol. kegunaan temu ireng lainnya bagi kulit adalah melakukan tindakan layaknya zat antioksidan yang merawat kulit berasal dari paparan radikal bebas supaya kulit Anda lebih kencang dan menahan penuaan dini.

Selain manfaat-manfaat di atas, temu ireng terhitung sering digunakan sebagai obat cacing tradisional. Kurkuminoid pada temu ireng diketahui mempunyai efek antitoksin, sedang flavonoid berkhasiat sebagai antihipertensi, merangsang pembentukan estrogen, dan antifungal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *