Tidak Vaksin Covid-19 Akan DiDenda Rp 5 juta Ungkap Anies

Aturan Pemerintah Daerah (Perda) DKI Jakarta Perda No 2 tahun 2020 berkenaan penanganan Covid-19 formal berlaku. Salah satu yang diatur didalam ketentuan ini adalah denda Rp 5 juta bagi warga Jakarta yang menampik di vaksin Covid-19.

Beleid ini sendiri ditandatangani oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan berlaku terasa 12 November 2020. Secara lazim ketentuan ini mengatur berkenaan tata cara penanganan dan penanggulangan Covid-19 di Jakarta.

Dalam ketentuan ini ada sebagian sanksi yang diterapkan atas pelanggaran aturan. Berikut sanksi yang diterapkan layaknya dikutip CNBC Indonesia, Jumat (20/11/2020):

Sanksi Tak Pakai Masker

Salah satu isinya adalah soal sanksi yang diberikan kepada mereka yang tak gunakan masker. Bentuknya kerja sosial bersama membersihkan sarana lazim atau denda administratif sebesar Rp 250 ribu.

Tolak Tes PCR Covid-19

Ada terhitung ketentuan bagi mereka yang sengaja menampik laksanakan test PCR Covid-19 atau test cepat molekuler yang diselenggarakan Pemprov DKI Jakarta. Sanksinya dipidana bersama pidana denda paling banyak Rp 5 juta.

Tolak Vaksinasi Covid-19

Dalam ketentuan ini Pemprov DKI Jakarta dapat menjatuhkan sanksi pidana denda sebesar Rp 5 juta bagi tiap tiap orang yang sengaja menampik untuk ditunaikan pengobatan dan atau vaksinasi Covid-19.

Bawa Pulang Jenazah Pasien Covid-19

Aturan ini mengatakan tiap tiap orang yang bersama sengaja mempunyai jenazah yang berstatus Probable atau Konfirmasi yang berada di sarana Kesehatan dapat dijatuhi sanksi pidana denda paling banyak Rp 5 juta. Denda dapat dinaikkan menjadi Rp 7,5 juta kecuali aksi ini ditunaikan bersama disertai ancaman atau kekerasan.

Pasien Covid-19 Tinggalkan Fasilitas Kesehatan

Aturan ini mengatakan orang terkonfirmasi Covid-19 yang bersama sengaja meninggalkan sarana Isolasi atau sarana kesehatan tanpa izin petugas dijatuhi sanksi pidana denda paling banyak Rp 5 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *